Salin Artikel

Tiga Bulan Berlalu, Polisi Akhirnya Ungkap Penyebab Kebakaran Gedung Cyber

JAKARTA, KOMPAS.com - Polisi akhirnya mengungkap penyebab terjadinya kebakaran Gedung Cyber 1 di kawasan Kuningan Barat, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, pada 2 Desember 2021.

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi Susianto mengatakan, penyebab kebakaran Gedung Cyber dipastikan karena korsleting instalasi AC yang berada di basement.

Korsleting tersebut menimbulkan api yang kemudian menyambar isi bangunan gedung.

"Percikan api yang muncul itu lalu menyulut terbakarnya isolasi dan barang-barang mudah terbakar lain," ujar Budhi dalam keterangannya pada Jumat (29/4/2022).

Penyebab kebakaran yang terjadi tiga bulan lalu itu terungkap berdasarkan hasil investigasi penyidik Polres Jakarta Selatan bersama Tim Laboratorium Forensik (Puslabfor) Bareskrim Polri.

Dalam hasil penyelidikan diketahui bahwa kabel instalasi listrik dalam kondisi tertekuk oleh besi.

"Terpasang dalam kondisi tertekuk pada tray besi. Itu ada di dalam shaft tambahan milik Gedung Cyber 1," ucap Budhi.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Ridwan Soplanit menambahkan, pemasangan instalasi AC itu disebut dilakukan tiga bulan sebelum terjadi insiden kebakaran.

Sejauh ini penyidik tengah mendalami kasus ini guna mengetahui ada atau tidak unsur tindak pidana.

Setidaknya sudah ada 17 saksi yang diperiksa, termasuk dua ahli dari Puslabfor Bareskrim Polri dan dokter forensik RSUP Fatmawati.

"Sehubungan dengan dugaan tindak pidana dari hasil investigasi mengerucut kepada teknisi dari PT Hamparan Daya Cipta. PT itu yang memasang instalasi AC dan rangkaian kabel dari lantai dasar menuju lantai 3," kata Ridwan.

Diberitakan sebelumnya, kebakaran di Gedung Cyber terjadi pada Kamis, sekitar pukul 12.35 WIB. Diduga kebakaran terjadi akibat korsleting.

Petugas damkar menurunkan 22 unit mobil saat proses pemadaman. Si jago merah itu berhasil dipadamkan sekitar 30 menit setelah kejadian.

Ada dua korban yang tewas dalam kebakaran di Gedung Cyber 1.

https://megapolitan.kompas.com/read/2022/04/29/16250831/tiga-bulan-berlalu-polisi-akhirnya-ungkap-penyebab-kebakaran-gedung-cyber

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke