Salin Artikel

Puncak Arus Balik di Terminal Kalideres Diprediksi Terjadi Hari Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - Puncak arus balik Lebaran 2022 di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, diprediksi terjadi pada Minggu (8/5/2022).

"Puncak arus baliknya kayaknya Minggu. Biasanya sekitar jam 2.00 WIB sampai pagi lah. Dini hari sampai subuh di sini tuh ramai," ujar Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnaen saat ditemui di Posko Pengamanan Terminal Kalideres, Sabtu (7/5/2022) malam.

Revi memprediksi akan ada lebih dari 2.600 penumpang yang tiba di Terminal Kalideres sepanjang hari Minggu ini.

"Karena Senin (9/5/2022) itu kebanyakan orang masuk kerja. Jadi biasanya satu hari sebelum kerja itu orang-orang sudah tiba di Jakarta," kata Revi.

Selain itu, Revi juga menduga penumpang yang tiba di Terminal Kalideres pada hari ini, akan didominasi oleh penumpang dari Pulau Sumatera.

"Prediksi saya puncaknya besok dari Sumatera. Karena mereka membutuhkan waktu perjalanan yang lama untuk tiba di Jakarta," kata Revi.

Sementara sejauh ini, penumpang yang tiba rata-rata berasal dari daerah sekitar Jakarta.

"Mayoritas masih kedatangan dari daerah dekat seperti Banten, Jawa Barat, dan sebagian Jawa Tengah," pungkas dia.

Meski hari Minggu diprediksi menjadi puncak arus balik, Revi mengatakan, penumpang juga biasanya masih akan terlihat pada hari kerja pertama.

"Hari Senin itu rata-rata masyarakat masuk kerja. Tapi kemungkinan masih akan ada banyak penumpang pada Senin dini hari," kata Revi.

Revi menjelaskan, penumpang tersebut biasanya merupakan orang yang tidak kebagian tiket pulang lebih awal, namun tetap harus masuk merja di hari pertama.

"Senin pagi juga kayaknya masih banyak yang datang. Rata-rata mereka itu orang yang tidak kebagian tiket Minggu. Tapi mereka tetap harus mengejar kerja Senin," pungkas dia.

Lebih jauh, Revi mengakui penumpang yang memilih tiba di Terminal Kalideres tidak begitu banyak.

"Memang banyak bus yang tiba di sini itu sudah sedikit membawa penumpang. Karena mereka pada turun di jalan atau di terminal lain seperti Pulogebang, Kampung Rambutan, atau di pintu tol Cengkareng, atau bahkan di jalan raya," tutup Revi.

https://megapolitan.kompas.com/read/2022/05/08/06195761/puncak-arus-balik-di-terminal-kalideres-diprediksi-terjadi-hari-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke