Salin Artikel

Tinjau Lokasi Kebakaran di Pasar Ciputat, Wakil Wali Kota Tangsel Berharap Dinas Terkait Beri Bantuan ke Pengungsi

"Ahamdulillah hari ini kita berkesempatan meninjau Pasar Ciputat yang baru saja terjadi kebakaran, bukan di pasarnya, tapi di belakang pasar Ciputat," ujar Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan di gelanggang olahraga (GOR) Ciputat, Jumat.

Ia mengatakan, kebakaran yang melanda pada Rabu (11/5/2022) sore itu melahap bangunan di lahan seluas sekitar 2.000 meter persegi.

Ratusan kios dan lapak pedagang, serta beberapa rumah warga terbakar. Akibatnya, puluhan warga terpaksa mengungsi di mushala terdekat.

"Bagaimanapun juga ini kewajiban kita semua. Saya mengundang ke sini supaya melihat langsung, kita harus concern bagaimana suasana pemulihan saudara kita ini yang menjadi korban kebakaran," jelas Pilar.

Ia berharap agar dinas terkait dapat memberikan program bantuan sesuai dengan apa yang dibutuhkan warga terdampak.

Jika ternyata program yang dibutuhkan belum ada, Pilar meminta agar program tersebut diusulkan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Pemkot Tangsel, kata Pilar, akan menganggarkan dananya.

"Mudah-mudahan dari masing-masing dinas bisa terus memantau kondisi masyarakat seperti apa," kata Pilar.

"Dan mudah-mudahan ada program dari kita, baik itu Dinsos, Dinkes, Damkar, PU, Perkim, BPKAD, Diskominfo, dan teman-teman lainnya, Dishub juga," imbuhnya.

Ia berharap, dengan program dari masing-masing dinas terkait, dapat dilakukan pembenahan di lokasi terdampak kebakaran.

"Karena memang ini kondisinya tanah pribadi, coba lihat aturannya apa yang bisa kita intervensi. Apakah misalkan bisa kita lakukan bantuan, kita anggarkan asal sesuai aturan, misal bantuan permodalan," pungkasnya.

Setelah meninjau lokasi kebakaran, Pilar juga mendatangi Mushala Maos Maulana, tempat warga terdampak mengungsi.

Setelah menyampaikan rasa belasungkawanya, Pilar menanyakan bagaimana kabar warga di lokasi pengungsian.

Selain Pilar, beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga hadir di lokasi tersebut untuk mendampingi peninjauan Wakil Wali Kota Tangsel.

Di antaranya Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel Allin Hendalin Mahdaniar, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangsel Wahyunoto Lukman, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tangsel Uci Sanusi, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Tangsel Bani Khosiyatullah, Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangsel Chaeruddin, dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Tangsel Heru Agus Santoso, serta Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Tangsel Wawang Kusdaya.

Selain itu, juga turut hadir mendampingi Kapolsek Ciputat Timur Kompol Yulianto, dan Camat Ciputat Bachtiar Pryambodo.

https://megapolitan.kompas.com/read/2022/05/13/12504791/tinjau-lokasi-kebakaran-di-pasar-ciputat-wakil-wali-kota-tangsel-berharap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke