Salin Artikel

2 Anak di Jakarta Timur Dirujuk ke RSCM, 1 Kasus Dipastikan Bukan Hepatitis Akut

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua kasus anak yang terpapar hepatitis ditemukan di Jakarta Timur. Mereka telah dirujuk ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta Pusat.

Wali Kota Jakarta Timur, M Anwar mengatakan, sebelumnya dua anak itu dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kramat Jati.

"Di wilayah Jakarta Timur telah terdeteksi dua anak terinfeksi. Dari dua kasus tersebut, satu kasus bukan kasus hepatitis (akut) misterius. Satu kasus lagi masih menunggu hasil pemeriksaan lanjutan," kata Anwar di Jakarta, Jumat (13/5/2022).

Anwar mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur menggencarkan sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada warga untuk mencegah penularan hepatitis akut, khususnya terhadap anak.

"Rajin cuci tangan dengan sabun, memastikan makanan dalam keadaan matang dan bersih. Tidak bergantian alat makan dengan orang lain, hindari kontak dengan orang sakit," ucap Anwar.

Anwar juga mengimbau kepada para orangtua dan guru agar memperhatikan kesehatan anak.

"Kami minta para orangtua dan guru menjadi kunci utama. Bahaya Covid-19 belum usai. Namun, belakangan kita diminta untuk mewaspadai hepatitis misterius," ujar Anwar.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan, hingga saat ini, belum ada kasus terkonfirmasi hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya di Indonesia.

Direktur Utama Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof Sulianti Saroso Mohammad Syahril mengatakan, dari 18 kasus yang diduga terjangkit hepatitis akut, 9 di antaranya berstatus pending klasifikasi, 7 discarded/disingkirkan dari diagnosis hepatitis akut, 1 kasus probable dan 1 kasus dalam proses verifikasi.

Ia menjelaskan, 7 kasus kasus disingkirkan/discarded dari hepatitis akut karena diketahui terpapar Hepatitis A, Hepatitis B, Tifoid, Demam Berdarah Dengue (DBD) dan usia di atas 16 tahun.

"Kemudian dari 18 kasus ini, pasien yang meninggal 7 orang dan hidup 11 orang," kata Syahril dalam konferensi pers secara virtual, Jumat.

Adapun 18 kasus diduga hepatitis akut tersebut terdeteksi di 7 provinsi yaitu Sumatera Barat sebanyak 1 kasus dengan status pending klasifikasi, Sumatera Utara 1 kasus dengan status pending klasifikasi, Kepulauan Bangka Belitung 1 kasus dengan status discarded/disingkirkan dari diagnosis hepatitis akut.

Kemudian, DKI Jakarta sebanyak 1 kasus probable, 5 pending klasifikasi, 5 discarded dari hepatitis akut, 1 masih menunggu hasil pemeriksaan. Di Jawa Timur, 1 kasus dengan status pending klasifikasi, lalu Kalimantan Timur 1 kasus dengan status discarded.

https://megapolitan.kompas.com/read/2022/05/13/21234441/2-anak-di-jakarta-timur-dirujuk-ke-rscm-1-kasus-dipastikan-bukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke