Salin Artikel

7 Hari Usai Lebaran, 2.776 Orang Pindah dan Keluar dari Kota Bekasi

BEKASI, KOMPAS.com - Sekitar 2.776 warga permanen di Kota Bekasi telah meninggalkan Kota Patriot sejak 9 Mei 2022 hingga 19 Mei 2022.

Kepala Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi Taufik Rahmat Hidayat mengatakan bahwa perpindahan warga terjadi karena Bekasi selama ini dikenal sebagai kota transit bagi para pekerja pendatang.

"Transit itu yang mengakibatkan orang-orang masuk ke Bekasi saat akan bekerja kan. Swal-awal, baru satu tahun kerja nyari indekos murah di Bekasi. Akhirnya tinggal di Kota Bekasi sementara," jelas Taufik saat dihubungi wartawan, Jumat (20/5/2022).

Warga pendatang tersebut kemudian memindahkan domisili sesuai di identitas di Kartu Tanda Penduduk (KTP) ke Kota Bekasi.

Kemudian, setelah 1 atau 2 tahun tinggal di Kota Bekasi, warga tersebut memutuskan pindah ke daerah lain.

Hal inilah yang kemudian dicatat Dukcapil Kota Bekasi sebagai perpindahan penduduk di Kota Bekasi.

Selain perpindahan warga permanen yang mencapai 2.776 orang tersebut, Dukcapil turut mencatat, setidaknya ada 1.800 warga dari luar daerah Kota Bekasi yang pindah dan menjadi warga permanen.

Pencatatan itu masuk ke perhitungan Disdukcapil, mengingat 1.800 warga tersebut sudah membuat Surat Keterangan Pindah Warga Negara Indonesia (SKPWNI) dan masuk menjadi warga Kota Bekasi.

"Permohonan pindah menjadi warga Kota Bekasi berdasarkan SKPWNI dari masing-masing daerah asalnya," terang Taufik.

Adapun saat ini Disdukcapil belum dapat memberikan data mengenai jumlah warga non-permanen, baik yang masuk atau keluar dari Kota Bekasi.

Taufik beralasan bahwa pihak Dukcapil masih mendata jumlah warga non-permanen, mengingat pendataan harus berdasarkan kesadaran para penduduk.

"Kita tidak bisa melakukan prinsip layanan administrasi penduduk yang sifatnya memaksa, tapi melakukan kesadaran dan keaktifan masyarakat yang melaporkan penduduknya itu," pungkas Taufik.

https://megapolitan.kompas.com/read/2022/05/20/16263651/7-hari-usai-lebaran-2776-orang-pindah-dan-keluar-dari-kota-bekasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke