Salin Artikel

Berharap Ajang Formula E jakarta Sukses, Anies: Untuk Nama Baik Indonesia di Kancah Dunia

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap balap Formula E Jakarta yang akan digelar 4 Juni 2022 dapat terselenggara dengan sukses untuk menjaga nama baik Indonesia.

"Harapannya berjalan lancar sukses, nama baik Indonesia berada di dalam kancah dunia. Ini adalah kesempatan di mana dunia menyaksikan Jakarta, menyaksikan Indonesia," ujar Anies saat ditemui di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, Selasa (24/5/2022).

Anies mengatakan, Jakarta ingin menjadi tuan rumah untuk menunjukkan bahwa Ibu Kota mampu menyelenggarakan ajang internasional.

Formula E juga menjadi langkah strategis Jakarta dalam mengampanyekan era energi terbarukan untuk mobilitas massal di masa depan.

Salah satu implementasi yang sudah dijalankan adalah bus bertenaga listrik yang dioperasionalkan oleh PT Transjakarta

"Sekarang di Jakarta kita sudah menggunakan 30 bus menggunakan tenaga listrik dan harapannya ke depan tahun ini bisa (mencapai) 100 bus bertenaga listrik," kata Anies.

Kemudian di akhir 2030, kata Anies, seluruh armada dari angkutan umum di Jakarta diharakan bisa menggunakan listrik.

"Jadi event Formula E mengirimkan pesan bahwa Jakarta bersiap untuk menjadi kota modern yang lingkungan hidupnya bersih karena mobilitas penduduknya mengandalkan kendaraan umum yang berbasis energi listrik," kata Anies.

Pergelaran Formula E, kata Anies, adalah pesan kepada dunia bahwa penduduk Jakarta ikut ambil tanggung jawab mengurangi emisi karbon di udara.

"Dan kami ingin bersihnya Jakarta, birunya langit Jakarta sebagai penanda komitmen kita sebagai warga bumi yang bertanggungjawab," imbuh Anies

Sebagai informasi, Formula E Jakarta menjadi salah satu rangkaian acara hari ulang tahun (HUT) ke-495 DKI Jakarta.

Formula E akan digelar di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol Jakarta Utara pada 4 Juni 2022.

https://megapolitan.kompas.com/read/2022/05/24/14255451/berharap-ajang-formula-e-jakarta-sukses-anies-untuk-nama-baik-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke