Salin Artikel

Pembangunan Sirkuit Formula E Jakarta Habiskan Rp 190 Miliar

"Angka persisnya saya tidak hafal, kalau tidak salah sirkuit saja itu sekitar Rp 190 milliar, kalau tidak salah sirkuit saja," kata Project Management Office Formula E Jakarta Farid Subkhan dalam diskusi Trijaya FM, seperti dikutip dari Tribunnews.com, Sabtu, (27/5/2022).

Farid mengatakan, sirkuit tersebut cukup berbeda dari sirkuit Formula E di negara lain.

Sebab, balap mobil listrik Formula E di negara lain biasanya digelar di jalan perkotaan atau sirkuit balap biasa.

Namun, kali ini digelar di sirkuit khusus. Menurut dia, pembangunan sirkuit khusus untuk Formula E di Jakarta tersebut merupakan yang pertama di dunia.

“Artinya membangun sendiri khusus untuk Formula E itu pertama kali,” ucap Farid.

Lebih jauh Farid menyebut, pihak Formula E Operation (FEO) bahkan mengapresiasi proses pembangunan sirkuit JIEC yang cepat dan berkualitas.

Ia pun memastikan, selain dibangun untuk ajang balap yang dilaksanakan pekan depan, sirkuit JIEC dibangun secara permanen untuk digunakan pada ajang balapan lainnya.

"Permanen, ini jadi sirkuit permanen yang tentu ke depan akan didiskusikan lagi untuk apa optimalisasinya. Jadi aset Jakpro dan Ancol," kata dia.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Formula E Jakarta Ahmad Sahroni mengatakan, setidaknya terdapat tujuh perusahaan dalam negeri yang meneken kerja sama untuk menjadi sponsor perhelatan balap mobil ramah lingkungan tersebut.

"Benar, sudah ada tujuh perusaahan lokal yang akan menjadi sponsor," kata Sahroni saat dikonfirmasi, Sabtu.

Sahroni menyebut, tujuh perusahaan dalam negeri tersebut yaitu retailer gawai Erafone, Bank Arta Graha Internasional, Hotel Discovery Ancol, Gulavit, Electronic City, Paprika, dan MS Glow for Men.

Dari tujuh sponsor tersebut, setidaknya nilai kerja samanya mencapai Rp 100 miliar.

"Benar (nilai total Rp 100 miliar). Nilai termasuk dari tujuh sponsor tersebut," ungkap Sahroni.

Sebelumnya, Managing Diractor Formula E sekaligus Direktur Pengembangan Bisnis PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Gunung Kartiko pada akhir tahun lalu pernah mengatakan, pembangunan sirkuit Formula E di Ancol kurang lebih membutuhkan anggaran Rp 100 miliar.

"Anggaran keseluruhan (untuk sirkuit) sekitar Rp 100 miliar," kata Gunung saat ditemui di lokasi sirkuit Formula E, Kamis (30/12/2021).

Untuk sarana pendukung lainnya, kata Gunung, diperlukan tambahan anggaran Rp 50 miliar.

https://megapolitan.kompas.com/read/2022/05/28/21105511/pembangunan-sirkuit-formula-e-jakarta-habiskan-rp-190-miliar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke