Salin Artikel

BMKG Beri Peringatan Potensi Banjir Rob di Pesisir Jakarta Sepekan ke Depan

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Maritim Tanjung Priok memperingatkan adanya potensi banjir rob untuk daerah pesisir di wilayah DKI Jakarta.

Peringatan potensi banjir rob tersebut diprediksi akan terjadi mulai hari ini, Sabtu (11/62022) hingga sepekan ke depan pada Jumat (17/6/2022).

Dalam keterangan resminya hari ini, Sabtu, BMKG menjelaskan dalam sepekan ke depan, bumi memasuki fase bulan purnama yang bersamaan dengan perigee atau jarak terdekat bulan ke bumi.

Hal tersebut berpotensi menyebabkan peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum.

Pemprov DKI Jakarta melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta mengimbau masyarakat di wilayah pesisir DKI Jakarta, yakni di Pademangan, Penjaringan, Pelabuhan Sunda Kelapa, dan Kepulauan Seribu untuk lebih waspada.

"Masyarakat di wilayah pesisir DKI Jakarta diimbau untuk waspada terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan terjadinya banjir pesisir," kata Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta Isnawa Adji, dalam keterangannya, Sabtu.

Isnawa menambahkan, masyarakat dapat memantau informasi terkini mengenai gelombang air laut di sejumlah laman:

Laman BPBD DKI Jakarta: bpbd.jakarta.go.id/gelombanglaut,

Laman BMKG Maritim Tanjung Priok:

- Call Center BMKG Maritim Tanjung Priok: 0813 1676 0711

- Facebook: Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Priok

- Instagram: @bmkgpriok @infobmkg @bmkgmaritim

- Twitter: @bmkgpriok @infobmkg

- Website: maritim.bmkg.go.id

Selain itu, Isnawa juga meminta masyarakat yang menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, untuk segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112.

https://megapolitan.kompas.com/read/2022/06/11/10022201/bmkg-beri-peringatan-potensi-banjir-rob-di-pesisir-jakarta-sepekan-ke

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.