Salin Artikel

Cerita Pencari Kerja Datang ke Job Fair Mal Thamrin City, Antre 30 Menit untuk Sebar Lamaran

JAKARTA, KOMPAS.com - Frennilia Dwi Putri, seorang pencari kerja datang dari Bogor, Jawa Barat, untuk berburu pekerjaan di pameran bursa kerja atau job fair yang diselenggarakan di Mal Thamrin City, Jakarta Pusat.

Ia datang sendiri dari Bogor. Setibanya di lokasi, ia mengantre selama 30 menit untuk bisa menaruh berkas-berkas lamaran yang dibawanya ke perusahaan berbagai sektor yang tersedia di lantai 3 Mal Thamrin City itu.

"Tadi antre panjang lumayan lah sekitar 30 menit, enggak masalah karena ini juga dibatasi ya job fair-nya," ujar Frennilia di Mal Thamrin City, Senin (8/8/2022).

Menurut Frennilia, ia mengetahui digelarnya pameran bursa kerja di Mal Thamrin City melalui media sosial Instagram.

Atas dasar itu, ia berusaha mendatangi stan-stan perusahaan yang kualifikasinya memenuhi standarnya untuk bisa mendapatkan pekerjaan.

Tak kenal lelah, Frennilia mengaku telah banyak stan perusahaan yang ia datangi untuk menaruh berkas lamarannya di berbagai perusahaan.

"Lumayan banyak, ada perusahaan bank-bank swasta dan banyak perusahaan-perusahaan lainnya," ujar dia.

Frennilia mengatakan, ini merupakan yang kedua kalinya ia mendatangi pameran bursa kerja setelah sebelumnya datang ke job fair di Season City, Jakarta Barat.

"Ini kedua kalinya, pertama saya ke Season City beberapa hari lalu," singkat dia.

Dia pun mengeluhkan susahnya mencari pekerjaan setelah pandemi Covid-19 ini mulai mereda.

Neski telah mengirim lamaran secara online dan offline ke berbagai tempat, tetapi hingga kini belum ada perusahaan yang memanggilnya.

"Zaman sekarang sulit banget nyari kerjaan karena apalagi ini beribu-ribu orang dan berbeda daerah juga jadi lumayan sulit," ucap Frennilia.

"Kemarin terakhir lewat online, sekarang langsung datang taruh lamaran," sambung dia.

Kendati demikian, ia pantang menyerah untuk mendapatkan pekerjaan.

Menurut dia, dengan adanya pameran bursa kerja, setidaknya dapat membantunya untuk berpeluang mendapatkan pekerjaan yang selama ini yang dia inginkan.

"Lumayan terbantu lah untuk para pencari kerja karena di sini ada 40 perusahaan yang buka lowongan pekerjaan," tutur dia.

Sebagai informasi, Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Sudin Nakertransgi) Jakarta Pusat menggelar pameran bursa kerja atau job fair di Mal Thamrin City, Tanah Abang, Jakarta Pusat, mulai 8 sampai 9 Agustus 2022.

Kasudin Nakertransgi Jakarta Pusat Sudrajad mengatakan, sebanyak 7.086 lowongan tersedia pada pameran bursa kerja untuk para pencari kerja.

"Total sebanyak 7.086 lowongan pekerjaan tersedia dan sekitar 9.000 pelamar telah mengajukan surat lamaran secara online," ujar Sudrajad di Mal Thamrin City, Senin.

Acara ini menggandeng 40 perusahaan dari berbagai sektor dan berlangsung selama dua hari.

Pameran bursa kerja itu dilatarbelakangi karena adanya ketidakseimbangan antara jumlah lowongan pekerjaan dengan pencari kerja yang semakin meningkat.

"Jumlah pencari kerja setiap tahun semakin meningkat, sedangkan jumlah lowongan kerja yang tersedia sangat sedikit. Sehingga terjadi kesenjangan dalam proses penempatan tenaga kerja," kata Sudrajad.

Sudrajad berharap, pameran bursa kerja itu dapat memfasilitasi antara perusahaan yang membutuhkan karyawan dan pencari kerja yang ingin mendapatkan pekerjaan.

"Kami berharap terserapnya pencari kerja yang membutuhkan pekerjaan dari peserta pameran job fair sebanyak 7.086 lowongan," ucap dia.

https://megapolitan.kompas.com/read/2022/08/08/19290431/cerita-pencari-kerja-datang-ke-job-fair-mal-thamrin-city-antre-30-menit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke