Salin Artikel

Kerinduan Pengunjung Beraktivitas di Kota Tua Saat Malam Hari, "Cantik Juga Lampu-lampunya"

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah pengunjung berharap Kota Tua Jakarta tidak hanya beroperasi pada pagi hingga sore hari, tetapi juga malam hari.

Harapan ini muncul usai pengunjung melihat kecantikan bangunan kawasan wisata saat Festival Batavia Kota Tua yang digelar malam ini, Jumat (26/8/2022).

Pemandangan bangunan lama di malam hari itu tentunya membuat pengunjung rindu.

Pasalnya, sejak dua tahun lalu, Kota Tua Jakarta tidak lagi dibuka pada malam hari lantaran pembatasan mobilitas akibat pandemi Covid-19.

"Ternyata bagus ya sekarang Kota Tua. Kangen juga lihat bangunan-bangunan di malam hari. Cantik juga lampu-lampunya. Dulu, orang bisa piknik-piknik di plaza Fatahilah sampai pagi, sambil ngopi-ngopi," kata Ruli, warga Tebet, yang datang bersama anaknya.

Sama rindunya dengan Kota Tua di malam hari, Yuka, warga Palmerah, berharap Kota Tua bisa segera beroperasi di malam hari seperti dahulu.

"Andai setiap hari dibuka sampai malam. Pasti banyak pengunjungnya karena bangunan lama ini jauh lebih dramatis di malam hari. Pasti anak muda lebih senang buat foto-foto," ungkap Yuka.

Sementara itu, Yuka menilai, keberadaan jajanan di Kota Tua Jakarta juga menarik minat pengunjung untuk datang. 

Berkaca dari situasi tersebut, Yuka pedagang yang dahulu berdagang di kawasan Kota tua bisa kembali didatangkan ke kawasan wisata tersebut.

"Kalau yang saya dengar, sekarang enggak boleh ada PKL yang jualan di sini (dalam kawasan wisata). Padahal saya berharap, bakal ada lagi jajanan di sini, kalau kafe mahal. Menurut saya, ramainya bazaar ini bisa jadi contoh bahwa keberadaan jajanan bisa menarik minat pengunjung," ungkap Yuka.

Sementara itu, Festival Batavia Kota Tua digelar pada 26 hingga 28 Agustus 2022.

Festival yang digelar di Taman Fatahillah Kota Tua Jakarta, menampilkan pertunjukan dari berbagai komunitas budaya hingga musisi betawi dan nasional.

Pada hari ini, acara dimeriahkan dengan adanya puluhan tenan bazar, Reog KRP Bantaringin Jakarta, Kojek Rap Betawi, Pemuda Sinarmas, dan pertunjukan Akustis Kota Tua.

Sedangkan pada Sabtu (27/8/2022), festival bakal dimeriahkan pertunjukan dari Mocca, Bilal Indrajaya, Fleur, Dekat, komunitas Kota Tua, Lembaga Kebudayaan Betawi, dan Duo Libra.

Selanjutnya, grup band Sore, Nonaria, Basboi, Putra Timur, Komunitas Kota Tua, dan Petak Enam Pecinan Glodok dijadwalkan tampil pada Minggu (28/8/2022).

https://megapolitan.kompas.com/read/2022/08/26/21092361/kerinduan-pengunjung-beraktivitas-di-kota-tua-saat-malam-hari-cantik-juga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke