Salin Artikel

DPRD DKI Targetkan Kirim 3 Nama Calon Pj Gubernur Sebelum 16 September 2022

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Rani Mauliany mengatakan pihaknya menargetkan mengirim tiga nama usulan calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta sebelum batas akhir penyerahan.

Adapun batas akhir penyerahan calon Pj Gubernur DKI Jakarta pada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian yakni pada 16 September 2022.

"Insya Allah sih kayaknya sebelum 16 kita sudah kirim kok karena enggak ada yang ditahan, enggak ada ditunda dan enggak ada juga yang hasil nanti tuh di tahan-tahan, digodok-godok atau diapa dulu gitu, enggak," kata Rani di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (13/9/2022).

DPRD DKI menggelar rapat pimpinan gabungan (Rapimgab) pada hari ini untuk menentukan tiga nama Pj pilihan DPRD DKI Jakarta.

Setiap fraksi sudah diminta untuk memberikan tiga usulan nama Pj Gubernur DKI Jakarta.

Nantinya, nama-nama itu akan dibawa ke rapimgab untuk kemudian dikirim ke Presiden Joko Widodo melalui Mendagri Tito Karnavian.

"Jadi memang diserahkan ke fraksi dari fraksi nanti kita rapatkan bersama hasilnya sudah pasti sesuai dengan musyawarah mufakat antar fraksi ddan pimpinan," ujar dia.

Sebelumnya, dalam surat resmi DPRD DKI Jakarta bernomor 948/TG.03.00, rapimgab pemilihan tiga nama itu akan berlangsung pada pukul 13.00 WIB di Ruang Rapat Ketua DPRD DKI Jakarta, Gedung DPRD DKI Jakarta, Jakarta Pusat.

"Acara: Penentuan Usul Fraksi Terhadap Nama Tiga Calon Pj Gubernur DKI Jakarta," tulis surat tersebut.

Dalam surat tertanggal 12 September 2022 itu tercantum tanda tangan dari Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi.

Prasetyo menyatakan, dalam rapimgab, hanya sembilan fraksi yang masing-masing menyetorkan tiga nama calon Pj Gubernur DKI.

Dengan demikian, total akan ada 27 nama calon Pj Gubernur DKI yang akan dibahas di rapimgab.

"Besok (Selasa), dia (sembilan fraksi masing-masing) menyerahkan tiga nama. Jadi (total terkumpul) 27 (nama)," sebut Prasetyo, Senin.

Menurut dia, setiap fraksi akan menyetorkan tiga nama calon Pj Gubernur ke pimpinan DPRD DKI Jakarta dalam sebuah surat.

"Dia (sembilan fraksi) menyerahkan (nama) ke kami di amplop atas nama fraksi yang berkop surat," tutur politisi PDI-P itu.

https://megapolitan.kompas.com/read/2022/09/13/15450931/dprd-dki-targetkan-kirim-3-nama-calon-pj-gubernur-sebelum-16-september

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke