Salin Artikel

Baru 2 Pekan, 14 Kebakaran Terjadi di Jabodetabek Selama September 2022

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru dua pekan dalam September ini, kebakaran terjadi silih berganti di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Kompas.com mencatat setidaknya ada 14 peristiwa kebakaran melanda wilayah Ibu Kota dan sekitarnya selama dua pekan terakhir.

Sebagian besar, kebakaran terjadi karena korsleting listrik hingga kelalaian seseorang. Berikut rangkuman peristiwa kebakaran dua pekan terakhir.

Sebuah toko furnitur di Jalan Raya Kelapa Dua Wetan, RT 001 RW 009 Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, terbakar pada Jumat (16/9/2022) dini hari.

"Obyek yang terbakar toko furnitur Jepara Antik Podomoro," ujar Kepala Seksi Operasi Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur Gatot Sulaeman, Jumat.

Petugas mengerahkan 17 unit mobil pemadam beserta 85 personel guna memadamkan api. Pemadaman dimulai pukul 00.59 WIB dan rampung satu setengah jam kemudian.

Gatot menduga, kebakaran disebabkan korsleting atau hubungan pendek arus listrik. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu. Kerugian ditaksir Rp 1 miliar.

2. 14 September 2022 - Kebakaran Rumah di Cipayung

Kebakaran melanda rumah tinggal berlantai dua di Jalan Asyafiyah RT 007 RW 003 Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, pada Rabu (14/9/2022) dini hari sekitar pukul 03.30 WIB.

"Penyebab kebakaran diduga korsleting di bagian ruang keluarga," kata Gatot Sulaeman saat dikonfirmasi, Rabu.

Saat kebakaran terjadi, pemilik rumah, S (40) ditemukan dalam keadaan telungkup melindungi anak dan istrinya, SS (6) dan TM (40).

Ketiga korban ditemukan di salah satu kamar tidur dalam keadaan lemas. Dua di antaranya dinyatakan tewas akibat peristirwa tersebut.

3. 14 September 2022 - Gedung Kemendes PDTT di Kalibata Kebakaran

Gedung Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), di Kalibata, Jakarta Selatan, kebakaran pada Rabu (14/9/2022) malam.

Sebanyak 50 personel Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan memadamkan kebakaran tersebut.

14 mobil pemadam dikerahkan untuk memadamkan api di lantai 4 gedung kementerian itu. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 22.05 WIB.

Penyebab kebakaran sementara ini diduga korsleting listrik. Tidak ada korban luka maupun jiwa dari insiden kebakaran.

4. 14 September 2022 - Kebakaran 20 Lapak Mebel di Cengkareng

Kebakaran yang melanda 20 lapak usaha mebel di Jalan Lingkar Luar Barat, Duri Kosambi, Jakarta Barat, pada Rabu (14/9/2022) dini hari. Kebakaran ini juga berdampak pada fasilitas kampus Institut Teknologi PLN.

Kepala Biro Rektorat Institut Teknologi PLN Susani mengatakan, ada beberapa ruang fasilitas yang terkena api saat kebakaran. Akan tetapi, sejumlah barang di ruang himpunan mahasiswa berhasil diamankan.

Setidaknya 20 lapak yang sebagian besar menyimpan material kayu hangus terbakar. Meski tidak ada korban jiwa, para pedagang mengalami banyak kerugian akibat kebakaran yang melanda area 600 meter persegi itu.

5. 13 September 2022 - Kebakaran Rumah Semipermanen di Taman Sari

Kebakaran melanda sejumlah bangunan di permukiman padat, Jalan Mangga Besar XI, 010/006, Kelurahan Tangki, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, pada Selasa (13/9/2022) siang.

Kepala Seksi Operasional Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat, Syarifudin mengatakan, obyek yang terbakar terdiri dari bangunan semipermanen.

"Rumah semipermanen, terbuat dari tembok tapi enggak seluruhnya tembok, ada kayunya," kata Syarifudin, di lokasi kebakaran, Selasa.

Setidaknya 30 warga terdampak atas kebakaran ini. Dilaporkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Menurut warga setempat, kebakaran diduga berawal dari bakaran sampah yang dilakukan oleh tukang bangunan di pojok halaman bangunan yang akan dibangun dan bersinggungan dengan celah lingkungan rumah warga.

Kebakaran terjadi di gudang perusahaan jasa pengiriman JNE Express di Jalan Pekapuran, Curug, Cimanggis, Depok, pada Senin (12/9/2022) sekitar pukul 04.51 WIB.

Kepala Unit Reserse dan Kriminal (Reskrim) Kepolisian Sektor (Polsek) Cimanggis Ajun Komisari (AKP) Hendra berujar kebakaran berawal dari kemunculan api dari ruangan penyimpanan barang produk Eiger.

Kendati demikian, Hendra belum dapat memastikan penyebab kebakaran gudang tersebut. Sebab, Pusat Laboratorium Forensik (Pustabfor) Bareskrim Polri belum melakukan pemeriksaan.

"Kami sedang menunggu Puslabfor Mabes Polri akan melakukan pemeriksaan. nanti kita baru bisa mendapat kesimpulan ya penyebabnya apa," ujar Hendra.

7. 7 September 2022 - Kebakaran Rumah di Tangerang

Kebakaran yang melanda sebuah rumah di Kampung Pisangan Periuk, RT 003 RW 005, Kayu Agung, Sepatan, Kabupaten Tangerang, Banten, pada Rabu (7/9/2022) malam.

"Penyebab belum diketahui, dugaan sementara korsleting listrik," ujar Kapolsek Sepatan AKP Suyatno, Kamis (8/9/2022).

Suyatno menjelaskan, api berasal dari ruang tengah rumah yang menyebabkan sebagian besar kerusakan di ruangan tersebut. Saat insiden terjadi, masyarakat berbondong-bondong membantu memadamkan api.

Pemilik rumah bernama Durasman (50) diketahui sedang terbaring di kamarnya. Korban disebut tidak dapat menyelamatkan diri lantaran sedang sakit dan hanya sendirian di rumah tersebut.

8. 7 September 2022 - Kebakaran Perkantoran di Tanjung Priok

Kebakaran melanda Gedung Perkantoran Mega Sunter Lantai 4, Blok A12, Jalan Danau Sunter Selatan, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Mengutip akun resmi Humas Pemadam Kebakaran (Damkar) Jakarta Utara, kebakaran terjadi pada Rabu, (7/9/2022) pukul 09.50 WIB.

Sejauh ini, belum disebutkan penyebab maupun korban dalam kebakaran yang melanda lantai 4 Gedung Mega Sunter di Jakarta Utara tersebut.

9. 6 September 2022 - Kebakaran Warteg di Salemba

Kebakaran melanda sebuah rumah makan di Jalan Salemba Raya, Senen, Jakarta Pusat, Selasa (6/9/2022).

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Kasudin Gulkarmat) Jakarta Pusat Asril Rizal mengatakan, kebakaran diduga akibat korsleting listrik.

"Obyek terbakar Warung Tegal (Warteg) Kharisma Bahari, dugaan penyebab korsleting listrik," kata Asril dalam keterangannya, Selasa.

Kebakaran melanda permukiman di Jalan Minangkabau Dalam, RT 008 RW 014, Kelurahan Menteng Atas, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, pada Minggu (4/9/2022).

Sembilan bangunan yang terdiri dari lima kontrakan dan empat tempat tinggal hangus dilalap api.

Suku Dinas (Sudin) Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan menerima laporan kebakaran itu pada pukul 20.42 WIB.

Sebanyak 19 mobil pemadam dan 95 personel dikerahkan. Api berhasil dipadamkan sekitar 30 menit setelah peristiwa itu dilaporkan.

Penyebab kebakaran tersebut diduga berasal dari kompor di salah satu rumah warga yang sedang digunakan untuk memasak.

11. 4 September 2022 - Kebakaran di Mustika Jaya

Musibah kebakaran terjadi di Jalan Puyuh Raya Ujung, Mustikajaya, Kota Bekasi, Minggu (4/9/2022) malam pukul 19.45 WIB.

Penyebabnya diduga akibat kebocoran gas. Kebakaran itu terjadi dalam rumah yang tidak memiliki ventilasi.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi Aceng Solahudin mengatakan, musibah kebakaran itu menyebabkan tiga orang menderita luka-luka.

"Tiga orang jadi korban, dua orang pria, satu orang lagi wanita," kata Aceng dalam keterangannya, Senin (5/9/2022).

Kebakaran hebat melanda tiga bangunan di tiga pabrik di Kawasan Industri Jawa Barat-Bekasi (Jababeka) Bl C/22, Jalan Jababeka 2, Pasir Gombong, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (2/9/2022) sejak dini hari.

Kebakaran itu terjadi di pabrik PT Eon Chemical dan PT Tunas Mitra. Kobaran api melahap hampir 80 persen bangunan pabrik produsen kimia khusus dan plastik tersebut.

Petugas Pemadam Kebakaran (damkar) Darma Wijaya menyebutkan, kebakaran bermula saat terjadi ledakan di dalam PT Eon Chemical.

Ledakan itu disinyalir yang membuat api cepat membesar dalam waktu singkat. Asal api diduga dari korsleting listrik yang menjalar cepat ke ruang produksi.

"Awalnya asal api dari gudang chemical yang banyak kimia merembet dan membesar. Dugaan dari korsleting listrik," kata Darma Wijaya dilansir dari TribunJakarta.com, Jumat (2/9/2022).

13. 2 September 2022 - Kebakaran Rumah Makan di Tangerang

Kebakaran melanda Rumah Makan Mang Engking di Jalan Ecsarahaisadink Chinopolis Boulevard Utara, Citra Raya, Mekar Bakti, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat (2/9/2022).

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tangerang Abdul Munir berujar insiden kebakaran yang terjadi pada pukul 14.06 WIB itu akibat sambaran petir.

"Informasi sementara dari pelapor, telah terjadi kebakaran saung makan di Rumah Makan Mang Engking Citra Raya," kata Munir kepada Kompas.com, Jumat (2/9/2022).

Kebakaran melanda Pasar Senen Blok 6 lantai 3, Senen, Jakarta Pusat, pada Kamis malam.

Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat menyatakan kebakaran tersebut menyasar tiga unit toko baju dan tas.

"Obyek terbakar adalah Blok 6 Lantai 3, tiga unit toko baju dan tas," kata Kasudin Gulkarmat Jakarta Pusat Asril Rizal saat dikonfirmasi Antara di Jakarta, Kamis (1/9/2022) malam.

Sebanyak 11 unit mobil pemadam kebakaran dan 55 orang petugas dikerahkan untuk menanggulangi si jago merah.

(Penulis: Nirmala Maulana Achmad, Rakhmat Nur Hakim, Muhammad Isa Bustomi, Mita Amalia Hapsari, M Chaerul Halim, Annisa Ramadani Siregar, Zintan Prihatini | Editor: Ivany Atina Arbi, Kristian Erdianto, Ambaranie Nadia Kemala Movanita, Nursita Sari)

https://megapolitan.kompas.com/read/2022/09/16/13302091/baru-2-pekan-14-kebakaran-terjadi-di-jabodetabek-selama-september-2022

Terkini Lainnya

Polisi Pernah Tolak Laporan Pelecehan yang Diduga Dilakukan Eks Ketua DPD PSI Jakbar Saat Masa Kampanye

Polisi Pernah Tolak Laporan Pelecehan yang Diduga Dilakukan Eks Ketua DPD PSI Jakbar Saat Masa Kampanye

Megapolitan
Sopir Truk Biang Kerok Kecelakaan Beruntun di GT Halim Utama Ternyata Masih di Bawah Umur

Sopir Truk Biang Kerok Kecelakaan Beruntun di GT Halim Utama Ternyata Masih di Bawah Umur

Megapolitan
Senangnya Alif Ikut Pesantren Kilat di Kapal Perang, Bisa Lihat 'Sunset'

Senangnya Alif Ikut Pesantren Kilat di Kapal Perang, Bisa Lihat "Sunset"

Megapolitan
Tersangka Kecelakaan Beruntun di GT Halim Temperamental, Polisi Minta Bantuan KPAI dan Psikolog

Tersangka Kecelakaan Beruntun di GT Halim Temperamental, Polisi Minta Bantuan KPAI dan Psikolog

Megapolitan
Keluarga Pelaku Penyebab Kecelakaan Beruntun di GT Halim Utama Telah Dihubungi Polisi untuk Pendampingan

Keluarga Pelaku Penyebab Kecelakaan Beruntun di GT Halim Utama Telah Dihubungi Polisi untuk Pendampingan

Megapolitan
Dibawa Kabur dari Setiabudi, Mobil Patroli Polisi Ditemukan di Kemayoran

Dibawa Kabur dari Setiabudi, Mobil Patroli Polisi Ditemukan di Kemayoran

Megapolitan
Menilik Padi Apung Waduk Elok Cakung, Solusi untuk Sawah Kebanjiran

Menilik Padi Apung Waduk Elok Cakung, Solusi untuk Sawah Kebanjiran

Megapolitan
Sopirnya di Bawah Umur, Pemilik Truk Penyebab Kecelakaan Beruntun di GT Halim Utama Bakal Diperiksa Polisi

Sopirnya di Bawah Umur, Pemilik Truk Penyebab Kecelakaan Beruntun di GT Halim Utama Bakal Diperiksa Polisi

Megapolitan
Polisi Belum Tahan Sopir Truk Penyebab Kecelakaan Beruntun di GT Halim Utama

Polisi Belum Tahan Sopir Truk Penyebab Kecelakaan Beruntun di GT Halim Utama

Megapolitan
Mobil Patroli Polisi di Jakarta Selatan Dibawa Kabur Jambret yang Sedang Diamankan

Mobil Patroli Polisi di Jakarta Selatan Dibawa Kabur Jambret yang Sedang Diamankan

Megapolitan
Polisi Masih Dalami Motif Oknum Sopir Grab Culik dan Peras Penumpang

Polisi Masih Dalami Motif Oknum Sopir Grab Culik dan Peras Penumpang

Megapolitan
Momen Peserta Sanlat Ekspresi Baznas Diminta “Push Up” Karena Ketiduran saat Ada Seminar

Momen Peserta Sanlat Ekspresi Baznas Diminta “Push Up” Karena Ketiduran saat Ada Seminar

Megapolitan
Polisi Amankan 1 Mobil sebagai Barang Bukti Kasus Pemerasan yang Dilakukan Sopir Grab

Polisi Amankan 1 Mobil sebagai Barang Bukti Kasus Pemerasan yang Dilakukan Sopir Grab

Megapolitan
Jadwal Buka Puasa di Tangerang Hari Ini, 29 Maret 2024

Jadwal Buka Puasa di Tangerang Hari Ini, 29 Maret 2024

Megapolitan
Jadwal Buka Puasa di Depok Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024

Jadwal Buka Puasa di Depok Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024

Megapolitan
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke