Salin Artikel

Ini Rumah Sakit Rujukan Kasus Gagal Ginjal Akut Misterius di Jakarta

“Yang memang menjadi RS rujukan di Jakarta hanya dua, RSCM (RS Cipto Mangunkusumo) dan RSAB Harapan Kita,” kata Luigi dalam webinar, Selasa (25/10/2022).

Ia menambahkan, selain RSCM dan RSAB Harapan Kita, RS Fatmawati sebenarnya juga bisa menerima pasien anak-anak yang teridentifikasi mengidap gagal ginjal akut misterius.

Namun, pasien anak-anak yang bisa dirawat di RS Fatmawati hanyalah yang memiliki berat badan 30 kilogram ke atas.

“Tapi yang memang ada dari pelaksana dirjen (Pelayanan Kesehatan RI) itu dua, RSCM dan RSAB Harapan Kita,” ujar dia.

Dari total delapan rumah sakit, satu di antaranya adalah rumah sakit tipe A, satu rumah sakit khusus tipe A, dan enam sisanya adalah RS tipe B.

Hal paling penting yang harus dimiliki rumah sakit untuk menangani kasus gagal ginjal akut misterius adalah ruang pediatric intensive care unit (PICU).

Ruang PICU biasanya diperuntukan sebagai area perawatan intensif bagi bayi yang lebih besar, anak-anak, hingga remaja dengan kondisi sakit kritis atau gangguan kesehatan yang serius.

Anak-anak yang dirawat di ruang PICU akan mendapatkan pengawasan penuh dari dokter umum, dokter spesialis, dan perawat.

“Untuk PICU kami lihat ada 197, lihat lagi mana yang bisa ditambahkan kapasitas PICU, jadi total ada 219 bed PICU (di Jakarta),” jelas Luigi.

https://megapolitan.kompas.com/read/2022/10/25/14555051/ini-rumah-sakit-rujukan-kasus-gagal-ginjal-akut-misterius-di-jakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke