Salin Artikel

Antisipasi Rob, Pemkot Jakut Siaga dan Tutup Tanggul Laut yang Bocor

JAKARTA, KOMPAS.com - Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim meminta jajarannya bersiaga menghadapi banjir pesisir atau rob.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta baru saja mengeluarkan peringatan dini potensi rob di sejumlah wilayah Jakarta Utara pada 8-14 November 2022.

"Pengurus RT/RW dan stakeholder kami kerahkan untuk bersinergi, bersiap siaga terjadinya rob pada gerhana bulan total ini," kata Ali dalam keterangannya, Selasa (8/11/2022).

Ali menyebutkan, petugas gabungan dari unsur tiga pilar, serta BPBD DKI juga telah disiagakan di sejumlah titik genangan di pesisir Jakarta Utara.

Selain itu, Pemkot Jakarta Utara telah berupaya menutup tanggul laut yang bocor dan mempersiapkan karung pasir untuk menahan rob tidak masuk ke daratan seperti di Pelabuhan Sunda Kelapa, Penjaringan.

"Termasuk menyiagakan sejumlah mesin pompa untuk percepatan mengembalikan genangan ke laut saat rob terpantau surut," ujar Ali.

"Masyarakat sudah kami sosialisasikan untuk waspada, begitu pun kesiapsiagaan sinergitas petugas, sarana dan prasarana, termasuk posko sudah kami siapkan," tutur dia.

Sebelumnya, BPBD DKI Jakarta merilis wilayah-wilayah di Jakarta Utara yang berpotensi dilanda banjir pesisir atau rob.

Dalam keterangan terbaru BPBD DKI, ada sembilan wilayah di Jakarta Utara yang berpotensi dilanda rob pada 8-14 November 2022.

"Berdasarkan aktivitas pasang air laut yang mempengaruhi dinamika pesisir di wilayah Jakarta Utara yang berpotensi menyebabkan banjir pesisir (rob) pada pukul 09.00-13.00 WIB," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Isnawa Adji dalam keterangannya, Senin (7/11/2022) petang.

Kesembilan wilayah tersebut yakni Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing, dan Kalibaru.

BPBD DKI meminta agar warga yang tinggal di daerah tersebut untuk waspada.

"Bila dalam keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi call center Jakarta Siaga 112," kata Isnawa.

https://megapolitan.kompas.com/read/2022/11/08/13575451/antisipasi-rob-pemkot-jakut-siaga-dan-tutup-tanggul-laut-yang-bocor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke