Salin Artikel

Irjen Karyoto Gantikan Irjen Fadil Imran Jadi Kapolda Metro Jaya, Lemkapi: Dia Salah Satu Perwira Terbaik Polri

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (Pamen) Polri.

Dalam mutasi tersebut, Inspektur Jenderal (Irjen) Fadil Imran tak lagi jadi Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Metro Jaya. Posisi Fadil digantikan oleh Irjen Karyoto.

Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan menilai penunjukan Karyoto sebagai Kapolda Metro Jaya menjadi kejutan pada mutasi besar-besar di tubuh Polri.

"Ini mengejutkan, penunjukan Deputi Penindakan dan Eksekusi Komisi Pemberantasan Korupsi Irjen Karyoto jadi Kapolda Metro Jaya sebagai penanggung jawab keamanan Ibu Kota Negara dan sekitarnya," kata Edi, dilansir dari Antara, Kamis (30/3/2023).

Edi mengatakan Karyoto selama 23 tahun menjadi anggota Polri belum pernah menjadi Kapolda. Namun Kapolri tidak ragu mempercayakan Karyoto sebagai Kapolda Metro Jaya.

"Karyoto adalah salah satu perwira Polri terbaik yang sudah lama bertugas di Komisi Pemberantasan Korupsi," katanya.

Selama mengenal Karyoto selama 20 tahun, Edi Hasibuan menilai mantan Wakapolda Daerah Istimewa Yogyakarta ini memiliki kinerja baik, berintegritas, dan tegas dalam penegakan hukum.

Di mata Edi, Karyoto merupakan sosok polisi reserse tulen yang santun dan sederhana dalam bertugas.

"Banyak harapan terhadap Karyoto agar dia bisa meningkatkan kinerja Polda Metro Jaya semakin baik lagi," kata dosen hukum kepolisian di Universitas Bhayangkara Jakarta ini.

Adapun Fadil akan menjabat sebagai Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri. Fadil menggantikan posisi Komjen Arief Sulistyanto yang telah masuk masa pensiun bulan ini.

Adapun Karyoto sebelumnya ditugaskan sebagai Deputi Penindakan dan Eksekusi di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sejak 14 April 2020.

Sebelumnya lulusan Akademi Kepolisian tahun 1990 pada 14 April 2020 ini juga pernah menjabat sebagai Wakapolda DI Yogyakarta pada 2 Agustus 2019 hingga April 2020.

https://megapolitan.kompas.com/read/2023/03/30/10590861/irjen-karyoto-gantikan-irjen-fadil-imran-jadi-kapolda-metro-jaya-lemkapi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke