Salin Artikel

Mahasiswa Bakal Demo Tolak UU Cipta Kerja di DPR, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) bakal menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung DPR/MPR RI, Jakarta Pusat, Kamis (30/3/2023).

Aksi unjuk rasa tersebut digelar untuk menyuarakan penolakan terhadap pengesahan Perppu Cipta Kerja menjadi Undang-Undang.

"Aliansi BEM Seluruh Indonesia akan turun aksi untuk menuntut dan mendesak DPR RI dan Pemerintah agar mencabut UU Cipta Kerja," ujar Koordinator Media BEM SI 2023 Ragner Angga dalam keterangannya, Kamis (30/3/2023).

Angga menyebutkan, aksi demonstrasi di depan kompleks parlemen menurut rencana akan dimulai pada pukul 15.00 WIB.

Dihubungi secara terpisah, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko menjelaskan bahwa kepolisian sudah menyiapkan sejumlah personel untuk mengamankan aksi demonstrasi tersebut.

Selain itu, Trunoyudo menyebut bahwa Ditrektorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya juga sudah menyiapkan skema rekayasa lalu lintas di sekitar gedung DPR/MPR RI.

"Ada 1.400 personel untuk pengamanan. Rekayasa lalu lintas situasional," kata Trunoyudo.

Berikut rekayasa lalu lintas yang dipersiapkan Ditrektorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya di sekitar Gedung DPR/MPR RI, Jakarta Pusat:

1. Arus lalu lintas di Jalan Gatot Subroto mengarah Gedung DPR/MPR bakal dibelokkan ke kiri menuju Jalan Gerbang Pemuda.

2. Arus lalu lintas dari Jalan Gerbang Pemuda mengarah gedung DPR/MPR RI bakal ditutup. Pengendara akan diputarbalikkan di kolong Jalan Layang Farmasi mengarah Jalan Gerbang Pemuda.

3. Pintu keluar Tol Dalam Kota mengarah Gedung DPR/MPR bakal ditutup. Pengendara akan diarahkan lurus ke arah Tol Tomang.

4. Arus lalu lintas dari Jalan Palmerah Timur menuju Jalan Gelora ditutup. Pengendara akan diarahkan lurus ke Jalan Tentara Pelajar.

5. Arus lalu lintas dari Jalan Asia Afrika mengarah Jalan Gerbang Pemuda bakal diluruskan ke arah Jalan Gelora menuju Jalan Tentara Pelajar.

6. Arus lalu lintas dari Jalan Gerbang Pemuda mengarah Jalan Gelora belakang Gedung DPR/MPR RI, bakal dibelokkan ke kiri menuju Jalan Asia Afrika.

7. Arus lalu lintas dari arah Slipi menuju Jalan Gerbang Pemuda bakal ditutup. Pengendara diarahkan lurus ke Semanggi.

8. Pengendara menuju GBK dari arah Pancoran bakal dibelokkan ke kiri menuju Bundaran Senayan. Jika terjadi kepadatan bus massa aksi di Pintu 10. Mereka akan diarahkan masuk ke GBK melalui Pintu 7.

https://megapolitan.kompas.com/read/2023/03/30/13185001/mahasiswa-bakal-demo-tolak-uu-cipta-kerja-di-dpr-polisi-siapkan-rekayasa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke