Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini Rakyat Tangerang Memilih...

Kompas.com - 20/01/2008, 08:39 WIB

TANGERANG, MINGGU - Hari ini, Minggu (20/1), masyarakat Kabupaten Tangerang secara serentak menggunakan hak pilih mereka dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati Tangerang periode 2008-2013.

Sejak pagi warga Kabupaten Tangerang berbondong-bondong ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Namun ada keluhan cukup banyak data yang tidak akurat.
 
Di TPS 21, 22 dan 23 di Kelurahan Rawabuntu, Kecamatan Serpong, misalnya, sampai pukul 09.20, tercatat 11  persen warga yang telah mencoblos. Sembilan puluh persen warga BSD City dan sepuluh persen warga sekitarnya. 
 
Tiga calon pasangan yang dipilih adalah pasangan Ismet Iskandar-Rano Karno (nomor urutan 1), Usamah Hisyam-Habib Ali Alwy Al Husainy (nomor urutan 2), dan Jazuli Juwaini-Airin R Diani (nomor urutan 3).
 
Ketua TPS 21 Adiadwan mengatakan dalam Pilkada Kabupaten Tangerang kali ini, bilik suara lebih bagus, menggunakan kotak boks hasil swadaya warga. Sebelumnya ketika Pilkada Banten, tempat pencoblosan menggunakan kardus.
 
"Yang juga baru adalah setiap TPS diberi kalkulator untuk mempercepat penghitungan suara dan setiap TPS ada satu aparat," kata Adiadwan
 
Namun demikian cukup banyak warga mengeluh soal akurasi data pemilih.  "Kelurahan harus meng-update data pemilih karena dibutuhkan data akurat. Apalagi sebentar lagi kita menghadapi Pemilihan Presiden," katanya.
 
Salah satu contoh tidak akuratnya data pemilih adalah nama pemilih berbeda dan tanggal dan tahun lahir berbeda. "Lha masak saya lahir tahun 1928 dan nama saya Margaritha?" kata Elfrida, warga Kencana Loka Sektor XII BSD City.
 
Adiadwan mengakui hal itu. "Sebagian besar pemilih disebutkan lahir di Tangerang, padahal warga lahir di berbagai kota berbeda," katanya.

Sebanyak 2,2 juta warga Tangerang berbondong-bondong menyalurkan hak pilih mereka di 4.512 TPS yang tersebar di 26 kecamatan. Dan, rakyat Tangerang memilih....kita tunggu saja!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com