Mulai Besok Pagi, Jalur Transjakarta Kembali Steril

Kompas.com - 05/03/2008, 17:41 WIB
Editor

JAKARTA, RABU -- Mulai besok, Kamis (6/3), pagi pukul 07.00 wib jalur khusus Transjakarta (busway) akan steril dari kendaraan non-busway. Pihak Departemen Perhubungan (Dephub) bekerjasama dengan kepolisian dan petugas tramtib Pemda DKI Jakarta akan menjaga setiap perlintasan busway agar tidak dimasuki kendaraan lain. Demikian ditegaskan Kapala Sub Dinas (Kasubdis) PLAJ (Pengendali Lalu-lintas Angkutan Jalan) Reza  Hasyim di Jakarta, Rabu (5/3).

Sterilisasi ini akan dilaksanakan mulai pk  07.00 -19.00 wib di koridor 1 sampai dengan 7. Dua orang petugas akan ditempatkan di setiap titik persimpangan busway (crossing point). Reza menyampaikan, penempatan petugas ini dibagi dalam dua shift. Shift pertama mulai pk 07.00 - 13.00 wib, shift  kedua mulai pk 13.00-19.00 wib. Jumlah persimpangan di koridor 1 sampai dengan 7 adalah 141 titik. Jika semua titik itu dijaga oleh dua petugas dalam dua shift maka dibutuhkan 564 petugas.

Sterilisasi ini diharapkan dapat mengembalikan tujuan awal diciptakannya sistem transportasi umum massal yang aman, nyaman dan cepat. Sejak dikeluarkannya kebijakan buka tutup bagi jalur khusus Transjakarta sejak 12 November 2007 daya tarik angkutan massal ini menjadi tidak menarik karena ikut terjebak kemacetan dan operasionalnya terganggu.

"Kita harus konsisten dalam sterilisasi ini baik dari pihak Dishub, kepolisian maupun masyarakat. Macet seperti apapun juga sterilisasi harus tetap dijalankan. Karena jika diberi kelonggaran malah akan keterusan. Jika kita konsisten maka tidak ada yang dirugikan. Pengendara mobil pribadi yang merasa macet dapat beralih ke pilihan lain, seperti busway," ujar dia. (M2-08)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.