Busway Belum Steril

Kompas.com - 10/03/2008, 10:41 WIB
Editor

JAKARTA, SENIN - Meski petugas kepolisian mengancam tidak segan menilang mereka yang masuk ke jalur Transjakarta, namun banyak pengendara mengabaikan ancaman ini. Pelanggaran jalur masih terjadi. Tidak ada tilang. Karena petugas yang diabaikan pengendara juga diam saja, maka sejumlah jalur gagal steril.

Di salah satu jalus bus Transjakarta di ruas Jalan Sultan Agung, Kelurahan Guntur, Setia Budi, Jakarta Selatan, Senin (10/3) pagi masih terlihat belasan sepeda motor, mobil pribadi, dan bajaj melintasi  jalur busway.  Padahal jumlah kendaraan yang melewati ruas jalan Sultan Agung yang diperuntukkan bagi kendaraan selain bus Transjakarta tidak begitu padat.

Nekadnya para pengemudi memanfaatkan jalur bus transjakarta juga disebabkan ketiadaan petugas yang berjaga-jaga di sekitar ruas jalan tersebut. Petugas cuma terlihat di persimpangan Halimun, Setia Budi, Jakarta Selatan. Meskipun demikian, ada tidaknya petugas bukan satu-satunya jaminan.

Keberadaan para petugas rupanya juga tidak membuat takut para pengemudi memanfaatkan jalur bus Transjakarta. Buktinya, di sekitar jalur putar balik kendaraan (yang menggunakan sebagian jalur bus Transjakarta) di Jalan Sultan Agung, sejumlah sepeda motor dengan leluasa memasuki jalur khusus itu  tanpa menghiraukan petugas yang berjaga. Petugas pun tampak cuek dengan pelanggaran tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.