Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Busway Belum Steril

Kompas.com - 10/03/2008, 10:41 WIB

JAKARTA, SENIN - Meski petugas kepolisian mengancam tidak segan menilang mereka yang masuk ke jalur Transjakarta, namun banyak pengendara mengabaikan ancaman ini. Pelanggaran jalur masih terjadi. Tidak ada tilang. Karena petugas yang diabaikan pengendara juga diam saja, maka sejumlah jalur gagal steril.

Di salah satu jalus bus Transjakarta di ruas Jalan Sultan Agung, Kelurahan Guntur, Setia Budi, Jakarta Selatan, Senin (10/3) pagi masih terlihat belasan sepeda motor, mobil pribadi, dan bajaj melintasi  jalur busway.  Padahal jumlah kendaraan yang melewati ruas jalan Sultan Agung yang diperuntukkan bagi kendaraan selain bus Transjakarta tidak begitu padat.

Nekadnya para pengemudi memanfaatkan jalur bus transjakarta juga disebabkan ketiadaan petugas yang berjaga-jaga di sekitar ruas jalan tersebut. Petugas cuma terlihat di persimpangan Halimun, Setia Budi, Jakarta Selatan. Meskipun demikian, ada tidaknya petugas bukan satu-satunya jaminan.

Keberadaan para petugas rupanya juga tidak membuat takut para pengemudi memanfaatkan jalur bus Transjakarta. Buktinya, di sekitar jalur putar balik kendaraan (yang menggunakan sebagian jalur bus Transjakarta) di Jalan Sultan Agung, sejumlah sepeda motor dengan leluasa memasuki jalur khusus itu  tanpa menghiraukan petugas yang berjaga. Petugas pun tampak cuek dengan pelanggaran tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com