Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angkot di Joglo, Meruya, Palmerah Masih Mogok

Kompas.com - 28/05/2008, 05:27 WIB

JAKARTA, RABU - Selain unjuk rasa, tampaknya aksi mogok angkutan kota (angkot) pun akan mewarnai di beberapa tempat pada hari Rabu (28/5) ini. Sekitar enam aksi unjuk rasa akan berlokasi di beberapa wilayah di Jakarta, sedangkan mogok angkot hanya terjadi di Jakarta Barat.

Berdasarkan informasi dari Direktorat Intelkam Polda ke TMC, Rabu (28/5), pemogokan angkot akan terjadi mulai pukul 06.00 WIB di tiga tempat yakni Joglo, Meruya, dan Palmerah Slipi, Jakarta Barat oleh sopir Mikrolet M11, M09, dan M24. Dalam aksinya ini mereka menuntut penyesuaian tarif angkutan umum akibat kenaikan harga BBM.

Sementara itu, aksi unjuk rasa di Jakarta hari ini adalah sebagai berikut. Pukul 10.00 WIB dari Koalisi LSM Maluku Utara dan Forum Pembela Calon Independen yang akan berunjuk rasa di empat tempat diantaranya Kantor KPU Pusat, Jl Imam Bonjol, Jakpus; Kantor Depdagri, Jl Merdeka Utara, Jakpus; Kantor KPK Jl HR Rasuna Said, Jaksel; dan Kantor Kejaksaan Agung, Jl Sisingamangaraja, Jaksel. Diperkirakan aksi ini akan diikuti oleh sekitar 100 Orang dengan pimpinan Bernadus Refra. Tuntutannya menyingkapi KPU Pusat dan Pemerintah mengakomodir calon independen dalam Pilkada Kabupaten Maluku Tenggara serta meminta penuntasan kasus korupsi di Kabupaten Maluku Tenggara.

Selanjutnya pada pukul 11.00 WIB Jaringan Masyarakat Banten Anti Korupsi (JAMBAK) akan berunjuk rasa di Kantor KPK Jl HR Rasuna Said, Jaksel. Unjuk rasa akan diikuti oleh sekitar 200 orang. Tuntutannya meminta penuntasan kasus-kasus korupsi yang terjadi di Kabupaten Pandeglang, Banten.

Berikutnya pada pukul 13.00 WIB – 18.00 WIB, Forum Komunikasi Guru Bantu Indonesia DKI Jakarta akan melakukan aksi unjuk rasa di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jl Kebon Sirih, Jakpus. Sekitar 500 orang diperkirakan akan mengikuti aksi demo ini. Mereka menuntut agar status Guru Bantu mereka dinaikan menjadi PNS.

Kemudian, masih pada jam yang sama, Gabungan Rakyat Miskin – Persatuan Rakyat Menuntut Kesejahteraan akan melakukan unjuk rasa di dua tempat berbeda yakni depan Kantor Depdagri, Jl Medan Merdeka Utara, Jakpus dan depan Istana Negara, Jl Medan Merdeka Utara, Jakpus. Massa diperkirakan berjumlah 2.500 Orang. Tuntutannya mendukung pemerintah tentang pembagian BLT. Titik kumpul massa di Masjid Istiqlal, Jakpus.

Masih pada waktu yang bersamaan, Jaringan Mahasiswa Hijau akan melakukan unjuk rasa di dua tempat diantaranya Kantor KPK, Jl HR Rasuna Said, Jaksel dan Kantor Kejaksaan Agung, Jl Sisingamangaraja, Jaksel. Aksi unjuk rasa akan diikuti sekitar 150 orang. Dengan tuntutan meminta KPK mengusut dugaan terjadinya gratifikasi atas pemberian izin berkunjung ke Medan terhadap terpidana DL Sitorus oleh Dirjen Lapas tanpa pengawalan petugas.

Terakhir aksi unjuk rasa pukul 19.00 - 22.00 WIB oleh Dewan Mahasiswa Jabodetabek di Bundaran Hotel Indonesia, Jl MH Thamrin, Jakpus. Dalam aksinya, mereka menuntut agar kenaikan harga BBM dibatalkan. (TMC)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com