Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengusaha Cemas Dampak Penyerangan FPI Meluas

Kompas.com - 03/06/2008, 10:57 WIB

JAKARTA,SELASA - Aksi penyerangan dan pemukulan oleh Komando Laskar Islam, elemen Front Pembela islam (FPI), terhadap massa Aliansi Kebangsaan untuk Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan (AKKBB) ternyata langsung berdampak bagi kenyamanan dunia usaha. Para investor asing mulai mempertanyakan situasi dan kondisi keamanan di Indonesia ,setelah penyerangan itu.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) M.S. Hidayat mengatakan, segera setelah insiden ini tersiar lewat media massa, rekan bisnisnya di Jepang langsung mempertanyakan perkembangan keamanan di Indonesia dan dampaknya terhadap iklim investasi.

Begitu juga pengakuan Djimanto, Sekretaris Asosiasi Pengusaha Indonesia. Minggu malam (1/6) sesudah penyerangan brutal itu, dia juga mendapat, telepon dari rekan bisnisnya dari India dan Taiwan yang meminta penjelasan soal keamanan dan sosial di Indonesia.

Ketua Komite Tetap Moneter dan Fiskal Kadin Indonesia Bambang Soesatyo, juga mendapatkan pertanyaan serupa dari partner bisnisnya di Eropa. "Mereka khawatir kalau kekerasan mulai meluas dan kontrak bisnis yang sudah diteken realisasinya tidak bisa memenuhi target," katanya kepada KONTAN. (Martina Prianti, Yohan Rubiyantoro, Abet Handoko)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com