Habieb Rizieq Minum Teh Dulu Sebelum 'Dibawa'

Kompas.com - 19/06/2008, 12:14 WIB
Editor

JAKARTA, KAMIS - Ketua Front Pembela Islam Habieb Rizieq Shihab ternyata menyempatkan untuk meneguk secangkir teh dulu sebelum polisi membawanya ke Polda Metro Jaya pada 4 Juni 2008 lalu. Hal ini diutarakan oleh saksi fakta dari FPI Darma Bakti Ginting (54) saat memberikan kesaksiannya.

"Beliau sempat keluar dulu, terus masuk lagi sebentar ke dalam rumah. Lalu minum teh sebentar, baru setelah itu dibawa polisi," ujarnya dalam persidangan di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (19/6).

Menurut dia, sebelum meneguk tehnya, Habib sempat keluar rumah menuju halaman. Saat itu, lanjut Darma, Habib Rizieq memberi mandat agar anggotanya yang masuk dalam foto milik Polda Metro Jaya menyerahkan diri dengan keluar dari tempat persembunyiannya masing-masing.

Pagi ini, kuasa hukum menghadirkan dua saksi dan satu saksi tambahan untuk mematahkan pasal 170 jo 55 KUHP tentang penghasutan dan pasal 351 tentang penganiayaan yang dituduhkan kepada Habib Rizieq. Ketiga saksi fakta ini memberi keterangan bahwa Habib sedang melakukan pengajian pada saat insiden Monas 1 Juni 2008 terjadi. Ketiga saksi ini juga mengatakan Habib Rizieq tidak melakukan penghasutan dalam ceramahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.