Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Listrik Padam, KRL Terancam

Kompas.com - 09/07/2008, 16:08 WIB

Laporan Wartawan Kompas, Stefanus Osa Triyatna

JAKARTA, RABU - Rencana pemadaman listrik di wilayah Jakarta dan Tangerang yang akan dilakukan PT Perusahaan Listrik Negara berpotensi membuat operasional kereta rel listrik terganggu.

"Kalau pemadaman listrik terjadi, KRL tidak akan bisa berjalan. Kami mengimbau PLN untuk tetap memprioritaskan suplai listrik ke KRL," kata Kepala Hubungan Masyarakat PT Kereta Api Daerah Operasional 1 dan Jabotabek Ahmad Sujadi di Jakarta, Rabu (9/7).

Sujadi menjelaskan, sistem penerimaan aliran listrik dari PLN ke PT KA ada 21 gardu induk. Ini semua tersebar di seluruh Jabotabek. Dari gardu-gardu inilah listrik bisa dilakukan tindakan saling menyuplai. Karena itulah, ujar Sujadi, kalau salah satu gardu mati, KRL masih bisa beroperasi.

Namun, besaran tenaga listrik berkurang. Pengaruh yang sangat merugikan adalah jarak antar-KRL menjadi lama dan jauh. Tidak bisa lagi beruntun atau berurutan dalam selang waktu yang singkat seperti selama ini beroperasi.

Sujadi menegaskan, PLN sudah mau memprioritaskan pelayanan publik KRL ini. Persoalannya saat ini, PT KA belum memiliki genset atau sumber listrik sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com