Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Janji Minta Maaf

Kompas.com - 12/07/2008, 21:20 WIB

BRISBANE, SABTU- Paus Benediktus XVI yang dijadwalkan tiba di Sydney, Minggu (13/7) besok, berjanji akan menyampaikan permintaan maaf atas skandal pedofilia dan pelecehan seksual yang terjadi di lingkungan gereja Katolik Australia.Janji itu disampaikannya dalam konferensi pers di atas pesawat yang membawanya dari Roma ke Australia. Demikian dilaporkan jaringan pemberitaan ABC, Sabtu (12/7).

Paus berkebangsaan Jerman yang lahir pada 16 April 1927 dengan nama Joseph Alois Ratzinger itu mengatakan, dia akan menyampaikan permintaan maaf seperti yang telah ia lakukan saat mengunjungi Amerika Serikat April lalu. Dalam masalah ini, Paus mengingatkan pentingnya gereja Katolik melakukan rekonsiliasi, mencegah, menolong dan melihat kesalahan.

"Harus jelas bahwa seorang pastor yang sesungguhnya tidak sejalan dengan (kekerasan seksual) ini, karena pastor melayani Tuhan kita," katanya.

ABC menyebutkan, para korban kekerasan seksual para pastor  Australia telah mengimbau Paus agar meminta maaf saat dia tiba di Sydney untuk menghadiri Hari Pemuda Dunia (WYD). Pada 2002 lalu, pihak Keuskupan Australia juga pernah menyampaikan permintaan maaf untuk kasus-kasus kekerasan seksual di masa lalu.

Walaupun tiba di Sydney pada hari Minggu (13/7), pemunculan pertama Paus Benediktus di depan publik baru dilakukan pada 17 Juli.  Pada 20 Juli,  Paus akan menyapa ratusan ribu orang peziarah yang akan memadati lapangan pacuan kuda "Randwick" Sydney.

Dalam kunjungannya di Australia itu, Paus dilaporkan akan bermain piano dan bertemu Perdana Menteri Kevin Ruud.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com