Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasien Gusuran RSCM Ditangani Puskesmas Menteng

Kompas.com - 21/07/2008, 16:28 WIB

JAKARTA, SENIN - Pasien korban pengusiran RSCM, Jakarta, Senin (21/7), ditangani oleh Puskesmas Menteng. Pemeriksaan baru dimulai hari ini. Puskesmas Menteng sendiri berinisiatif untuk datang karena prihatin terhadap pasien-pasien telantar ini. "Pasien yang sudah diperiksa sejauh ini baru 15 orang," kata seorang pihak puskesmas yang tak mau menyebutkan namanya.

Wati, salah seorang keluarga pasien, menuturkan, pihak LBH menjanjikan untuk mendatangkan dokter-dokter spesialis dari rumah sakit lain guna memastikan sakit yang diderita pasien dan mengambil tindakan penyembuhan. Sejumlah pasien mengaku belum mendapat hasil diagnosis dari RSCM. "Kami kan cuma orang awam jadi pihak LBH bantu kami supaya ngerti penyakitnya apa. Biar tahu juga obatnya apa," ujar Wati.

Menurut Wati, pihak RSCM tidak memberikan hasil diagnosis apa pun padahal adiknya sudah dirawat selama tiga bulan di sana. "Cuma disuruh ke sana ke mari, belum diperiksa sama sekali tapi sudah disuruh pulang," katanya. Adiknya merupakan pasien penyakit TB tulang dan selama ini dirawat di gedung A RSCM.

Mereka yang digusur merupakan pasien inap jalan. Mereka saat ini ditampung di sebuah rumah di Jalan HOS Cokroaminto, Jakarta, setelah sebelumnya ditampung di LBH Jakarta. (M12-08)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com