BERITA FOTO: Ziarah Jelang Ramadhan

Kompas.com - 27/08/2008, 04:11 WIB
Editor

JAKARTA, RABU - Tradisi menarik yang dilakukan oleh sebagian besar umat Islam di Indonesia menjelang memasuki bulan Ramadhan, yaitu ziarah kubur para sesepuh dan keluarga yang telah meninggal dunia.

Seperti yang terlihat di TPU Grogol Kemanggisan, Selasa (26/8). Ziarah kubur biasanya dilakukan satu hari atau beberapa hari menjelang masuknya Bulan  Ramadhan.

Dengan adanya tradisi ziarah kubur diharapkan bagi keluarga yang masih hidup bisa mendoakan keluarga-keluarga yang sudah meninggal dunia.

Tidak hanya itu, ziarah kubur bisa dijadikan sebagai proses refleksi bahwa manusia tidak akan hidup kekal di dunia dan tiba saatnya meninggal dunia (dzikrul maut). (Dicky Fadiar Djuhud)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.