Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Water Canon Disiapkan di Istana

Kompas.com - 27/08/2008, 12:04 WIB

JAKARTA, RABU - Dua unit mobil water canon disiagakan di sekitar Istana Merdeka Jakarta guna mengantisipasi kejadian yang mungkin timbul terkait aksi massa Front Pembela Islam, Rabu (27/8).  Berdasarkan keterangan Komandan Kompi Samapta Polda Metro Jaya AKP Widodo kepada Kompas.com, saat ini di sekitar istana juga disiagakan 550 personel gabungan Samapta Polda Metro Jaya dan Polres Jakarta Pusat.

Widodo mengatakan, tidak ada persiapan khusus dalam menangani rombongan Front Pembela Islam yang saat ini sedang melakukan orasi di Bundaran Hotel Indonesia. "Namun, kami telah menyiapkan dua buah water canon untuk pengamanan Istana," tuturnya. Dari Bundaran Hotel Indonesia, rombongan massa FPI akan menuju Istana Negara.

Sementara itu, sekitar 60 orang yang tergabung dalam Front Pemuda Islam Surakarta (FPIS) melakukan orasi di Jalan Merdeka Barat atau di seberang Kementerian Negara Kesejahteraan Rakyat, Jakarta. Mereka menuntut pemerintah untuk segera membubarkan Ahmadiyah. Massa sebagian besar memakai kemeja putih, celana panjang hitam dan membawa bendera FPIS dan poster-poster yang bertuliskan Bubarkan Ahmadiyah.

Menurut Slamet Kardi, koordinator FPIS, massa yang berasal dari Solo dan Surabaya tiba di Jakarta hari ini sekitar pukul 08.00 WIB. Massa datang dengan menggunakan satu bus carteran dan kereta api. "Kami memang datang ke sini dengan terlebih dulu berkoordinasi dengan FPI," jelas Kardi ketika ditanya apakah massa datang karena diminta oleh FPI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com