Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantau Arus Mudik, Jasa Marga Pasang CCTV

Kompas.com - 24/09/2008, 00:16 WIB

SEMARANG, SELASA - Delapan hari menjelang Lebaran, PT Jasa Marga (Persero) mulai memasang closed-circuit television atau CCTV untuk memantau lalu lintas kendaraan yang melintas jalan tol Semarang. Pemasangan ini diharapkan dapat membantu penanganan arus mudik.

"Pemasangan CCTV ini untuk mempermudah pemantauan di titik rawan kemacetan dan kecelakaan," ujar Kepala Bagian Operasi PT Jasa Marga Cabang Semarang Alfiandra, di Kota Semarang, Selasa (23/9).

Titik pemasangan dua CCTV ini terdapat di ruas jalan tol Krapyak-Jatingaleh, yaitu di ujung tol Krapyak dan di tempat peristirahatan (rest area) yang ada di kilometer 5.

Ruas Krapyak-Jatingaleh merupakan jalan tol yang diperkirakan sebagai jalur terpadat yang dilewati kendaraan baik untuk arus mudik maupun arus balik. Untuk itu , dua CCTV ini dipastikan sudah beroperasi pada Rabu ini atau H-7.

Alfian mengakui, pemasangan dua CCTV ini juga untuk memantau lokasi yang rawan kecelakaan di ruas Krapyak-Jatingaleh karena kondisi jalan. Masih banyak jalur yang hanya terdiri dari satu lajur dan tidak dipasangi median sehingga dikhawatirkan terjadi kecelakaan, ujar Alfian. Dengan adanya CCTV, tentunya dapat mempercepat penanganan. (ILO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com