Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kedatangan TKI Meningkat, Kiriman Uang Bertambah

Kompas.com - 26/09/2008, 22:11 WIB

SOLO, JUMAT - Semakin mendekati hari raya Idul Fitri, jumlah kedatangan tenaga kerja Indonesia (TKI) dari luar negeri di Bandara Adisumarmo, Surakarta menunjukkan tren peningkatan. Mereka datang dengan menumpang pesawat Air Asia dari Kuala Lumpur, Malaysia dan Silk Air dari Singapura.

Kepala Seksi Informasi dan Komunikasi Kantor Imigrasi Surakarta, Pamuji Raharja mengungkapkan, tren peningkatan mulai terlihat sejak awal puasa, terutama mulai H-7 lebaran .

Sebagai contoh, pada tanggal 24 September, jumlah penumpang datang 181 orang. Berturut-turut pada beberapa pekan sebelumnya, jumlah kedatangan pada 17 September sebanyak 154 orang, 10 September sebanyak 152 orang, dan 3 September 141 orang.

Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Kantor Imigrasi Surakarta, Gunadi Ibnu Sutopo mengatakan, sebanyak 95 persen penumpang AirAsia biasanya adalah TKI. Pada Silk Air, porsi penumpang yang merupakan TKI sebanyak 40-50 persen.

Kiriman uang TKI menjelang lebaran juga meningkat. Kepala Kantor Pos Solo Ari Parnoto mengungkapkan, kiriman uang dari luar negeri lewat jasa Western Union sejak tanggal 10-25 September 2008 mencapai Rp 569,1 juta. Jumlah ini meningkat 22,3 persen dari periode yang sama tahun lalu.

"Selama bulan Agustus 2008, jumlah kiriman dari luar negeri Rp 894, 3 juta. Sampai akhir bulan September, jumlah kiriman dari luar negeri diperkirakan bisa mencapai Rp 1 miliar," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com