Prediksi Penumpang Pesawat Meleset

Kompas.com - 27/09/2008, 15:44 WIB
Editor

Laporan wartawan Kompas Andy Reza Hidayat

JAKARTA, SABTU- Lonjakan jumlah penumpang pesawat sampai Sabtu (27/9) ini ternyata belum terjadi. Selama tiga hari terakhir, arus penumpang di Bandara Internasional Soekarno Hatta masih di bawah angka tahun 2007. Bahkan arus penumpang kali ini di bawah rata-rata hari biasa antara 80.000 sampai 100.000 penumpang per hari.

"Data hari Jumat (26/9) tercatat ada 67.335 penumpang. Padahal pada hari yang sama (H-5) tahun lalu penumpang 87.134. Prediksi kami sebelumnya 94.976 orang." tutur Kepala Bidang Operasi Bandara Soekarno-Hatta, Jatahoma Sirait, Sabtu (28/9) ditemui di Posko Lebaran 2008.

Gejala yang sama juga terjadi pada dua hari sebelumnya. Arus kedatangan dan keberangkatan penumpang di Soekarno-Hatta tercatat di bawah prediksi sebelumnya, bahkan lebih rendah dari hari-hari biasa.

Sampai H-4 ini, misalnya, tim posko Lebaran Soekarno-Hatta memprediksi bakal terjadi puncak arus penumpang. Namun hal ini tidak terjadi. Sampai pukul 14.00, dari sumber yang sama arus penumpang sebanyak 41.526 orang. Jumlah ini termasuk kedatangan dan keberangkatan penumpang dari 383 penerbangan domestik maupun internasional.

Data ini terus berubah setiap dua jam sampai pukul 23.59. Pada hari yang sama tahun lalu (H-4), arus penumpang di Soekarno-Hatta mencapai 96.011 orang. Adapun prediksi penumpang hari yang sama tahun ini sebanyak 106.572 orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.