Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Car Free Day, Sudirman-Thamrin Lengang

Kompas.com - 28/09/2008, 09:22 WIB

JAKARTA, MINGGU - Hari ini kembali digelar Car Free Day atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor, di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin sejak pukul 06.00 WIB. Kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap hari Minggu terakhir dalam setiap bulan biasanya dijadikan ajang warga Jakarta untuk berolahraga, namun kali ini sangat sepi.

Arus lalu lintas di ruas jalur lambat kedua jalan protokol tersebut juga lengang tidak seperti biasanya yang selalu dipadati oleh kendaraan pribadi, sepeda motor, dan angkutan umum saat diberlakukan car free day. Hal yang sama terjadi di sekitar Jalan Prof. Dr. Satrio dan Jalan K.H. Mas Mansyur yang biasanya menjadi jalur alternatif bagi para penggendara.

Kedua jalur alternatif tersebut lenggang sejak pagi ini. Tidak ada polisi lalu lintas yang berjaga-jaga di jalur tersebut.

"Ya, hari ini car free day-nya memang lebih sedikit," ujar Operator Radio TMC Polda Metrojaya, Bripka Ogan Lopiano, ketika ditemui di TMC, Minggu (28/9). Selain jumlah sepeda yang berkurang, tidak tampak masyarakat yang bermain bola, badminton, ataupun sekedar berjalan-jalan di ketiga jalur utama Jakarta tersebut. Setiap 500 meter hanya terlihat dua hingga lima sepeda.

Jalur cepat di ruas Sudirman-Thamrin yang biasanya digunakan warga Jakarta dan sekitarnya untuk berolahraga, tampak kosong. Berdasarkan pantauan Kompas.com, mulai dari Polda Metro Jaya hingga Setiabudi, hampir tidak ada aktivitas olahraga apapun.

Halte Bus Transjakarta Karet dan Bendungan Hilir, yang biasanya dipadati calon penumpang setiap Hari Bebas Kendaraan, juga tampak sepi. Begitu juga dengan angkutan umum dari berbagai trayek.

Menurut Brigadir Polisi Satu (Briptu) M. Hidayat, petugas lalu lintas yang berjaga di Jalan Sudirman, lenggangnya Hari Bebas Kendaraan kali ini disebabkan bertepatan dengan masa libur Idul Fitri. Namun, lanjutnya, jumlah petugas yang berjaga-jaga tidak berkurang. Ia juga mengatakan, Hari Bebas Kendaraan hari ini akan tetap berlangsung hingga pukul 14.00 nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com