Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wow, Sampah di Ragunan Seperempat Ton

Kompas.com - 02/10/2008, 16:56 WIB

JAKARTA,KAMIS - Di kala liburan, Kebun binatang Ragunan memproduksi seperempat ton sampah setiap hari. Tidak terkecuali di H-2 Hari Raya Liburan kali ini.

Menurut Kasubid Promosi dan Pameran Ragunan Mardjuki, pada saat liburan setiap harinya ada 50 truk yang mengangkut sampah-sampah di Ragunan. "Sampah cukup tinggi tiap liburan kira-kira 50 truk atau 250 kubik ton," ujar Mardjuki di Jakarta, Kamis (2/10).

Untuk mengantisipasinya, Ragunan menambah tenaga kebersihan sebanyak 70 orang di samping tenaga kebersihan internal sekitar 75 orang. Mereka ditugaskan untuk membersihkan sampah ketika banyak pengunjung. Sampah-sampah ini nantinya akan dipilah-pilah di Kompos di area Barat Ragunan. Sampah organik kemudian akan didaur ulang menjadi pupuk untuk pepohonan di wilayah Ragunan.

Petugas kebersihan Schmutzer yang berada di dalam wilayah Ragunan, Hendro dan Handi mengaku sudah bertugas sejak jam 06.00. Mereka menyapu di sekitar pelataran Schmutzer yang penuh dengan pengunjung yang antre membeli tiket.

Hendro mengaku sudah sekitar tujuh kali tempat sampah besarnya berulang kali diisi dan dikosongkan. Menurut Hendro, mereka berupaya tetap bekerja meski masih banyak pengunjung yang memenuhi pelataran Schmutzer. "Kita prinsipnya cicil aja supaya nggak numpuk dan kelihatan jelek," tandas Hendro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com