Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untuk Kedua Kalinya Car Free Day di Surabaya

Kompas.com - 21/11/2008, 19:00 WIB

SURABAYA, JUMAT - Car Free Day (Hari Tanpa Kendaraan Bermotor) untuk kedua kalinya akan dilaksanakan di Kota Surabaya pada Minggu (23/11). Kegiatan tersebut sebagai upaya mengurangi tingginya tingkat pencemaran udara akibat asap kendaraan bermotor.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Kota Surabaya, Hari Tjahjono di Surabaya, Jumat (21/11), mengatakan, sejalan dengan perkembangan perekonomian dan meningkatnya sarana transportasi, khususnya kendaraan bermotor yang tidak dibarengi dengan perubahan peningkatan infrastruktur jalan, maka akan sering terjadi kemacetan lalu lintas jalan.

"Pada akhirnya itu dapat mengakibatkan menurunya kualitas udara di Surabaya," katanya.
Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Badan Pengendalian Lingkungan Hidup (BPLH) melaksanakan kegiatan car free day untuk kedua kalinya, setelah bulan Agustus 2008 lalu.

Kegiatan car free day kali ini akan menutup sepanjang Jalan Raya Darmo mulai dari perempatan Jalan Dr.Sutomo sampai di depan Masjid Al Falah sejak pukul 06.00 hingga 10.00 WIB.

"Penutupan jalan ini sama dengan car free day yang bulan lalu. Cuma bedanya kalau dulu ditutup pukul 09.00 WIB, namun kali diperpanjang waktunya hingga pukul 10.00 WIB," katanya.

Beberapa kegiatan yang mendukung kegitan tersebut yakni jalan sehat, senam, komunitas sepeda sehat, futsal, sepatu roda, bulu tangkis, skateboard dan lainnya.

Selain itu, kata dia, dalam upaya melestarikan kualitas udara di Kota Surabaya, maka Pemkot Surabaya mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk ikut berpartisipasi mendukung pelaksanaan program Car Free Day tersebut.

"Kelenggangan Jalan Darmo di pagi hari tersebut sebaiknya dimanfaatkan untuk berolah raga beserta keluarga demi kualitas udara yang sehat dan bersih di kota Surabaya," katanya.

Adapun maksud dari kegiatan tersebut, adalah mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam upaya pengendalian pencemaran udara yang diakibatkan kendaraan bermotor, sehingga terjadi peningkatan kualitas udara yang sehat dan bersih di Kota Surabaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com