Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruas Jalan "Car Free Day" Diusulkan Diperluas

Kompas.com - 23/11/2008, 12:01 WIB

SURABAYA, MINGGU — Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Surabaya Bunari Mushofa mengusulkan penambahan ruas jalan untuk pelaksanaan kegiatan car free day atay hari tanpa kendaraan bermotor di Surabaya yang sudah dilaksanakan sebanyak dua kali, yakni pada Agustus 2008 dan Minggu (23/11) ini.

Menurut Bunari, pihaknya sangat apresiatif mendukung diadakannya acara car free day di Surabaya. Bahkan, ia mengusulkan ruas jalan untuk acara tersebut diperluas lagi tidak hanya di Jalan Raya Darmo, melainkan sampai Jalan Urip Sumoharjo. "Kalau itu baik, tidak ada masalah jika ruas jalan untuk car free day diperluas," kata Bunari di Surabaya, Minggu.

Menurut Bunari, lokasi car free day yang hanya terbatas di Jalan Raya Darmo dianggap terlalu sempit, khususnya untuk pecinta sepeda santai. Untuk itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan Badan Pengendalian Lingkungan Hidup (BPLH) Surabaya terkait dengan usulan tersebut. Pihaknya juga mengusulkan agar acara tersebut dilaksanakan sebulan sekali.

"Tentunya itu dilakukan pada hari libur atau hari Minggu agar tidak terjadi kemacetan lalu lintas di jalan raya," katanya.

Sementara itu, pelaksanaan car free day di Kota Surabaya, Minggu pagi, ini terlihat meriah karena banyaknya kegiatan dan perlombaan yang diadakan di acara tersebut.

Kegiatan car free day yang dilaksanakan dengan menutup sepanjang Jalan Raya Darmo mulai dari perempatan Jalan Dr Sutomo sampai di depan Masjid Al Falah dimulai sejak pukul 06.00 hingga 10.00.

Ribuan warga Surabaya memadati Jalan Darmo untuk melakukan aktivitas olahraga, seperti jalan sehat, senam aerobik, sepeda sehat, futsal, sepatu roda, bulu tangkis, dan skate board.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com