Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minggu, "Car Free Day" di Kota

Kompas.com - 12/12/2008, 16:00 WIB

JAKARTA, JUMAT — Hari bebas kendaraan bermotor atau car free day akan kembali diberlakukan di kawasan Kota, Jakarta Barat, Minggu (14/12). Ini untuk kedua kalinya kawasan itu jadi sasaran penerapan car free day.

Sejumlah ruas jalan akan ditutup untuk kendaraan bermotor, kecuali bus transjakarta, dari pukul 06.00 sampai pukul 14.00. Ruas jalan yang ditutup yaitu Jalan Tongkol, Jalan Cengkeh, Jalan Kali Besar Timur, Jalan Pintu Besar Utara, dan Jalan Pos Kota.

Selain penutupan jalan, sejumlah kegiatan, seperti sepeda santai, senam, futsal, lomba gambar, panggung hiburan, bazar, pameran, pentas musik, serta pembagian pohon kepada masyarakat juga akan digelar untuk menyemarakkan suasana. Kegiatan-kegiatan itu akan dipusatkan di Taman Fatahillah.

Pelaksanaan car free day itu didukung, antara lain, oleh Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLHD) DKI Jakarta, Pemerintah Kota Jakarta Barat, Polda Metro Jaya, Dinas Perhubungan DKI Jakarta, dan komunitas bike to work (B2W).

Sampai tahun lalu, car free day hanya diberlakukan sekali sebulan di Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin. Namun, setahun terakhir kegiatan itu diberlakukan juga secara begilir di tempat-tempat lain di lima wilayah kota. Kegiatan itu dalam beberapa bulan terakhir sudah diberlakukan, antara lain, di Jalan Suprapto (Jakarta Pusat), Jalan Pramuka (Jakarta Timur), Jalan Danau Sunter (Jakarta Utara), dan Jalan HR Rasuna Said (Jakarta Selatan).

Kepala BPLHD Jakarta Barat Yusiono Supalal mengatakan, pelaksanaan car free day merupakan implementasi dari Perda Nomor 2 Tahun 2005 tentang Pengendalian Pencemaran Udara dan Instruksi Gubernur Nomor 93 Tahun 2007 tentang Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor di Jakarta.

Tujuan kegiatan itu, antara lain, untuk menurunkan beban pencemaran udara, mengendalikan pencemaran udara, menyadarkan masyarakat luas untuk mengurangi ketergantungan terhadap kendaraan bermotor serta mengajak masyarakat untuk menggunakan kendaraan umum massal dan kendaraan ramah lingkungan atau kendaraan tidak bermotor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com