Jaksa Tolak Keberatan Pengacara Ryan

Kompas.com - 17/12/2008, 15:15 WIB
Editor

 

JAKARTA, RABU — Jaksa Penuntut Umum (JPU) menolak dua materi eksepsi atau keberatan yang diajukan tim kuasa hukum Very Idham Henyansyah alias Ryan, terdakwa mutilisai Heri Santoso.

Penolakan ini disampaikan JPU dalam sidang di Pengadilan Negeri Depok hari ini, Rabu (17/12). Dalam eksepsinya yang dibacakan dua minggu lalu, tim kuasa hukum menyatakan dakwaan JPU tidak berdasar dan tidak cermat.

Selain itu, tim kuasa hukum meminta berkas perkara pembunuhan yang juga dilakukan Ryan di Jombang digabung dengan perkara pembunuhan mutilasi Heri Santoso yang terjadi di Apartemen Margonda Residence, Depok.

"Jaksa menolak kedua materi keberatan tim kuasa hukum," ujar anggota Tim JPU, Aprezal Darul Putra. Menurut JPU, permintaan penggabungan perkara tidak dapat dikabulkan karena JPU hanya menerima berkas penyidikan dari Polda Metro Jaya dan tidak menerima berkas dari Polda Jawa Timur sebagai pihak yang berwenang atas kasus di Jombang.

Oleh karena itu, persyaratan untuk menggabungkan perkara tidak dipenuhi. Sementara itu, mengenai keberatan tentang dakwaan yang tidak cermat, JPU mengatakan bahwa mereka sengaja menyusun dakwaan secara berlapis sesuai dengan fakta dalam berkas penyidikan.

Ryan dijerat dengan dakwaan primer pelanggaran terhadap Pasal 340 KUHP mengenai Pembunuhan Berencana dengan ancaman hukuman mati. Ryan juga didakwa dengan dakwaan subsidair Pasal 339 mengenai Pembunuhan yang Diikuti Tindak Pidana Lainnya, Pasal 338 mengenai Pembunuhan Biasa, atau Pasal 365 Ayat (3) tentang Pencurian yang Berujung pada Kematian.

"Biarlah majelis hakim yang menilai dakwaan kami apakah cermat dan berisi fakta-fakta yang mendukung," tutur Aprezal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.