Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ASDP Siapkan 27 Kapal Ro-Ro

Kompas.com - 21/12/2008, 11:29 WIB

SERANG, MINGGU - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Merak, menyiapkan 27 kapal Ro-Ro untuk menghadapi liburan sekolah, natal dan tahun baru 2009.

Kepala Cabang ASDP Merak, Teja Suparna di Serang, Minggu (21/12) mengatakan, mulai Sabtu, sudah mempersiapkan 27 kapal untuk menghadapi liburan sekolah, natal dan tahun baru 2009, karena jumlah penumpang diperkirakan meningkat 20 hingga 30 persen dibanding hari biasa. "Mulai kemarin (Sabtu) penumpang sudah ramai jika dibanding biasanya. Prediksi peningkatan penumpang sekitar 20 sampai 30 persen," katanya.

Namun, jika dibandingkan dengan Idulfitri, peningkatan jumlah penumpang hari libur biasa tidak begitu signifikan. Penumpang mulai terlihat ramai sejak Sabtu (20/12) pukul 08.00 hingga pukul 11.00 WIB, sekitar 140 hingga 180 unit kendaraan pribadi yang menyeberang, di luar kendaraan truk barang.

Ia mengatakan, untuk menghadapi liburan sekolah, natal dan tahun baru kali ini, ASDP Merak juga mulai memasang kembali dermaga kapal cepat yang rusak akibat hantaman gelombang beberapa minggu lalu, sehingga mengakibatkan kapal cepat tidak bisa beroperasi. "Mudah-mudahan kapal cepat itu sudah bisa beroperasi kembali, untuk melayani penyeberangan liburan kali ini," kata Teja.

Sementara itu, Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Serang, Edi Wibowo mengatakan, kondisi gelombang laut di Selat Sunda, Minggu untuk penyeberangan kapal Ro-Ro Merak-Bakauheni, tetap aman, seperti biasa dengan perkiraan ketinggian gelombang laut sekitar 0,75 hingga 1,5 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com