ASDP Siapkan 27 Kapal Ro-Ro

Kompas.com - 21/12/2008, 11:29 WIB
Editor

SERANG, MINGGU - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Merak, menyiapkan 27 kapal Ro-Ro untuk menghadapi liburan sekolah, natal dan tahun baru 2009.

Kepala Cabang ASDP Merak, Teja Suparna di Serang, Minggu (21/12) mengatakan, mulai Sabtu, sudah mempersiapkan 27 kapal untuk menghadapi liburan sekolah, natal dan tahun baru 2009, karena jumlah penumpang diperkirakan meningkat 20 hingga 30 persen dibanding hari biasa. "Mulai kemarin (Sabtu) penumpang sudah ramai jika dibanding biasanya. Prediksi peningkatan penumpang sekitar 20 sampai 30 persen," katanya.

Namun, jika dibandingkan dengan Idulfitri, peningkatan jumlah penumpang hari libur biasa tidak begitu signifikan. Penumpang mulai terlihat ramai sejak Sabtu (20/12) pukul 08.00 hingga pukul 11.00 WIB, sekitar 140 hingga 180 unit kendaraan pribadi yang menyeberang, di luar kendaraan truk barang.

Ia mengatakan, untuk menghadapi liburan sekolah, natal dan tahun baru kali ini, ASDP Merak juga mulai memasang kembali dermaga kapal cepat yang rusak akibat hantaman gelombang beberapa minggu lalu, sehingga mengakibatkan kapal cepat tidak bisa beroperasi. "Mudah-mudahan kapal cepat itu sudah bisa beroperasi kembali, untuk melayani penyeberangan liburan kali ini," kata Teja.

Sementara itu, Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Serang, Edi Wibowo mengatakan, kondisi gelombang laut di Selat Sunda, Minggu untuk penyeberangan kapal Ro-Ro Merak-Bakauheni, tetap aman, seperti biasa dengan perkiraan ketinggian gelombang laut sekitar 0,75 hingga 1,5 meter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.