Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hotel di Yogya Mulai Dipadati Pengunjung Jakarta

Kompas.com - 21/12/2008, 18:47 WIB

YOGYAKARTA, MINGGU - Memasuki libur panjang Natal dan Tahun Baru, hotel-hotel di Yogyakarta mulai dipadati pengunjung yang sebagian besar dari Jakarta. Tingkat okupansi rata-ratanya sudah mencapai 85 persen. Diperkirakan puncak okupansi terjadi pada tanggal 27 Desember-1 Januari.

Menurut Public Relations Officer Hotel Jogjakarta Plaza, Adventa Pramuhasti, Minggu (21/12), lonjakan hunian mulai terasa sejak tanggal 21 Desember. Sebagian besar pengunjung memesannya lewat telepon.

"Tamunya dominan dari Jakarta. Tamu lain nya dari Surabaya dan Semarang. Semakin mendekati tahun baru okupansinya semakin melonjak," katanya.

Selama Natal dan Tahun Baru, lanjut Adventa, dikenakan tarif tambahan sebesar Rp 200.000 per kamar, khususnya tanggal 25-29 Desember. Untuk periode 30 Desember Januari-2 Januari, tamu harus mengambil paket minimal 2,2 juta untuk dua malam.

Di Hotel Ibis Malioboro, lonjakan tamu mulai terasa sejak tanggal 20 Desember dengan tingkat okupansi 80-90 persen. "Kemungkinan masih akan meningkat lagi pada tanggal 24 - 31 Desember di perkirakan mencapai 90 100 persen. Untuk bulan januari di tanggal 1-3 nya kemungkinan masih berada pada angka sekitar 80 persen," kata Public Relations Manager Hotel Ibis Malioboro, Eunike Martanti.

Krisis ternyata tidak berdampak banyak bagi okupansi hotel. Menurut Eunike, liburan Natal dan Tahun Baru bersamaan dengan liburan sekolah selama dua minggu membuat jumlah pengunjung lebih maksimal.

Bila hotel berbintang banyak meraup untung selama Natal dan Tahun Baru, lain halnya dengan hotel kelas melati. Tingkat okupansinya rata-rata saat ini hanya 30 persen. "Kalau pun nanti ada lonjakan paling hanya berkisar 50 persen saja," ujar Deddy Eryono Pranowo, General Manager Hotel Ruba Graha Yogyakarta.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com