Hotel di Yogya Mulai Dipadati Pengunjung Jakarta

Kompas.com - 21/12/2008, 18:47 WIB
Editor

YOGYAKARTA, MINGGU - Memasuki libur panjang Natal dan Tahun Baru, hotel-hotel di Yogyakarta mulai dipadati pengunjung yang sebagian besar dari Jakarta. Tingkat okupansi rata-ratanya sudah mencapai 85 persen. Diperkirakan puncak okupansi terjadi pada tanggal 27 Desember-1 Januari.

Menurut Public Relations Officer Hotel Jogjakarta Plaza, Adventa Pramuhasti, Minggu (21/12), lonjakan hunian mulai terasa sejak tanggal 21 Desember. Sebagian besar pengunjung memesannya lewat telepon.

"Tamunya dominan dari Jakarta. Tamu lain nya dari Surabaya dan Semarang. Semakin mendekati tahun baru okupansinya semakin melonjak," katanya.

Selama Natal dan Tahun Baru, lanjut Adventa, dikenakan tarif tambahan sebesar Rp 200.000 per kamar, khususnya tanggal 25-29 Desember. Untuk periode 30 Desember Januari-2 Januari, tamu harus mengambil paket minimal 2,2 juta untuk dua malam.

Di Hotel Ibis Malioboro, lonjakan tamu mulai terasa sejak tanggal 20 Desember dengan tingkat okupansi 80-90 persen. "Kemungkinan masih akan meningkat lagi pada tanggal 24 - 31 Desember di perkirakan mencapai 90 100 persen. Untuk bulan januari di tanggal 1-3 nya kemungkinan masih berada pada angka sekitar 80 persen," kata Public Relations Manager Hotel Ibis Malioboro, Eunike Martanti.

Krisis ternyata tidak berdampak banyak bagi okupansi hotel. Menurut Eunike, liburan Natal dan Tahun Baru bersamaan dengan liburan sekolah selama dua minggu membuat jumlah pengunjung lebih maksimal.

Bila hotel berbintang banyak meraup untung selama Natal dan Tahun Baru, lain halnya dengan hotel kelas melati. Tingkat okupansinya rata-rata saat ini hanya 30 persen. "Kalau pun nanti ada lonjakan paling hanya berkisar 50 persen saja," ujar Deddy Eryono Pranowo, General Manager Hotel Ruba Graha Yogyakarta.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.