Ryan Hadapi Putusan Sela

Kompas.com - 24/12/2008, 09:33 WIB
Editor

DEPOK, RABU — Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Depok akan membacakan putusan sela di PN Depok, Rabu (24/12), terhadap eksepsi tim kuasa hukum terdakwa Very Idham Henyansyah alias Ryan dan tanggapan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang dibacakan minggu lalu.

Pertanyaannya ada dua. Pertama, akankah kasus pembunuhan mutilasi Ryan diteruskan mengingat tim kuasa hukum menuding dakwaan JPU tidak cermat dan berlebihan karena mendakwa Ryan dengan Pasal 314 KUHP tentang Pembunuhan Berencana sebagai dakwaan primer? Jika 'ya', hukuman mati mengancam pria asli Jombang itu.

Namun jika 'tidak', akan terjadi kembali shock di tengah-tengah masyarakat akibat putusan ini. JPU meyakini majelis hakim akan berpikir bijaksana. "Biarlah majelis hakim yang menilai dakwaan kami apakah cermat dan berisi fakta-fakta yang mendukung," tutur JPU Aprezal Darul Putra dalam persidangan minggu lalu.

Sementara itu, pertanyaan keduanya berkaitan dengan putusan majelis hakim terhadap permintaan penggabungan berkas perkara pembunuhan yag dilakukan Ryan terhadap sekitar sepuluh orang di Jombang dengan pembunuhan mutilasi di Depok.

Menurut kuasa hukum Ryan, Nyoman Rae, penggabungan perkara ini akan memenuhi rasa keadilan bagi keluarga korban di Jombang. Sebab, jika di Depok saja Ryan sudah dan mungkin akan dijatuhi hukuman mati maka atas kasus di Jombang, Ryan tak akan menjalani persidangan lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.