Ryan Sedih karena Tak Pakai Gamis

Kompas.com - 24/12/2008, 14:35 WIB
Editor

DEPOK, RABU — Terungkap sudah penyebab kondisi hati Very Idham Henyansyah alias Ryan yang tidak baik hari ini, Rabu (24/12), dari menjelang hingga pelaksanaan persidangan di PN Depok dengan agenda pembacaan putusan sela.

Ryan begitu sedihnya hingga menangis dua kali, masing-masing di dalam ruang tahanan wanita, dan ruang sidang karena tidak diperbolehkan memakai jubah gamisnya sejak Sabtu lalu, baik di LP dan di persidangan.

"Saya teringat majelis hakim yang membolehkan saya menggunakan jubah gamis seperti kemarin. Saya ingin berubah ke arah yang lebih baik. Saya tidak akan persulit persidangan. Mungkin saya sedih karena tidak pakai gamis," ujar Ryan sebelum sidang dimulai.

Ryan mengaku kesukaannya untuk menggunakan pakaian gamis bukan sekadar untuk dipandang fashionable, tetapi itu sudah menjadi pakaian sehari-harinya.

Secara formal, tim kuasa hukum Ryan juga meminta majelis hakim membolehkan kliennya untuk memakai gamis sepanjang sidang berlangsung. Kasman Sangaji bahkan mengatakan kesedihan Ryan juga atas tekanan berbagai institusi yang melarangnya mengenakan gamis, baik selama di LP, maupun saat persidangan berlangsung.

"Kami sangat keberatan ketika pihak LP membatasi klien kami untuk memakai jubah dalam persidangan," tandas Kasman.

Sementara itu, JPU Apreza Darul Putra menyatakan penolakannya terhadap pakaian gamis Ryan sepanjang sidang dengan alasan keseragaman pakaian seluruh tahanan. JPU mengharapkan majelis hakim untuk tidak membeda-bedakan para tahanan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami memohon agar dipertimbangkan terdakwa Ryan dan terdakwa lainnya diseragamkan, hitam putih. Karena sidang setiap hari banyak, tenaga pengamanan terbatas dan pengunjung sidang banyak, kami khawatir dengan pengamanan," tutur Apreza.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.