Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Air Diminati Masyarakat

Kompas.com - 26/12/2008, 19:35 WIB

SEMARANG, JUMAT - Memasuki masa liburan Natal dan Tahun Baru ini, wisata air banyak diminati masyarakat Kota Semarang dan sekitarnya. Hal ini seperti yang tampak di wisata air Water Blaster Graha Candi Golf, Kota Semarang, Jumat (26/12). Pengunjung menilai wahana permainan air merupakan obyek wisata yang efisien untuk bergembira dan melepas lelah.

"Kalau ke obyek wisata seperti ini justru lebih irit. Dengan bayar sekali, anak-anak bisa bermain air dengan puas selama berjam-jam," kata Eqhna Ariani (42), warga Pedurungan Kidul, Kota Semarang yang datang bersama keluarganya.

Bahkan, pengunjung yang datang tidak hanya berasal dari Kota Semarang, namun juga dari luar kota. Seperti David (29), pengunjung Water Blaster dari Kabupaten Pati yang datang bersama istri dan dua anaknya.

"Lebih baik pergi mengajak anak-anak ke obyek wisata seperti ini dibanding harus pergi ke mal yang hiburannya cenderung monoton," kata David yang sudah dua kali berkunjung ke Water Blaster.

Di obyek wisata seluas empat hektar ini, para pengunjung bisa mencoba berbagai 13 wahana permainan mulai dari luncuran sepanjang 230 meter dengan tinggi 23 meter, wahana permainan anak, kolam arus, dan flying fox dengan jarak 105 meter.

Di tempat ini juga dilengkapi fasilitas penunjang seperti kantin, toko pakaian renang, ruang pamer, gazebo, dan rumah pohon. Pihak manajemen juga menyiagakan 30 petugas penyelamat untuk mengantisipasi kecelakaan yang terjadi.

"Selain bisa main air, juga bisa coba flying fox," kata Nanda Khairunnisa (10), warga Ungaran, Kabuoaten Semarang, yang datang ditemani orangtuanya.

Kepala Bagian Promosi Water Blaster, Juraemi mengakui, jumlah pengunjung yang datang pada musim liburan Natal dan Tahun Baru ini lebih banyak dibanding hari biasa.  

"Untuk dua hari ini saja, setidaknya terdapat 1.500 pengunjung per harinya. Padahal, pada hari biasa hanya sekitar 200 pengunjung per harinya," ucap Juraemi.

Dengan melihat antusiasme pengunjung, Juraemi optimistis Water Blaster dapat segera menjadi salah satu ikon wisata di Kota Semarang, terutama wisata air. "Perpaduan antara air dan permainan akan menjadi obyek wisata yang menyenangkan," katanya.

Wisata air yang dibuka pada tanggal 17 Oktober ini, memiliki tiga sumber air, yaitu dari mata air di Kecamatan Candisari dan dua danau buatan yang terletak di kompleks permukiman Graha Candi Golf. "Air yang disedot akan difilter dan diberi obat pe murni air untuk kemudian dimasukkan ke bak penampungan," kata Juraemi menjelaskan.

Untuk menarik lebih banyak pengunjung, Juraemi menjanjikan untuk membuka satu wahana baru setiap tahunnya. "Pengunjung akan mendapat keceriaan yang terus berbeda," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com