Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Baru di Puncak, Siapkan Jas Hujan

Kompas.com - 27/12/2008, 06:32 WIB

BOGOR, SABTU — Pergantian tahun di Puncak, Kabupaten Bogor, dibayang-bayangi kemacetan dan hujan deras. Polisi telah menyiapkan sistem buka tutup lalu lintas di jalur Ciawi-Puncak-Cipanas untuk mengatasi kemacetan akibat banyaknya warga masyarakat yang merayakan Tahun Baru di kawasan wisata berhawa sejuk tersebut.

Kepala Stasiun Badan Klimatologi, Meteorologi, dan Geofisika (BKMG) Dramaga, Bogor, Endang Suprapti, mengatakan, hujan lebat disertai angin kencang dan petir berpeluang terjadi di kawasan selatan Bogor, termasuk Puncak, pada malam Tahun Baru. Hujan bisa terjadi sejak sore hingga malam hari.

"Bagi warga masyarakat yang akan melakukan outbound ataupun rafting, sebaiknya melakukannya pada pagi hingga siang. Selain itu, hindari pohon dan tanah yang rawan longsor," kata Endang ketika dihubungi, Jumat (26/12).

Sementara itu, 198 petugas Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bogor disiagakan di jalur Puncak untuk mengatur lalu lintas pada malam Tahun Baru yang diperkirakan sangat padat. Seperti tahun-tahun lalu, Puncak merupakan tempat favorit warga Jabodetabek untuk merayakan pergantian tahun.

"Kami telah menyiagakan 198 petugas agar kelancaran arus lalu lintas di kawasan tersebut dapat terkendali dan diharapkan tidak terjadi kemacetan parah," kata Kepala Satlantas Polres Bogor Ajun Komisaris Alfian ketika dihubungi Warta Kota, Jumat siang.

Alfian menambahkan pihaknya menyiapkan tiga pos pengamanan, yaitu di Gadog, Taman Safari Indonesia, dan Masjid At-Tawun; serta empat pos tenda, antara lain di Selarong, Gunungmas, dan Ciriung. Alfian juga mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan sistem buka-tutup atau satu arah (one way). Pada saat-saat tertentu, jalur Puncak-Ciawi hanya diperuntukkan bagi kendaraan ke Ciawi ataupun sebaliknya, hanya bagi kendaraan ke Puncak.

Oleh karena itu, warga masyarakat yang hendak bermalam Tahun Baru di Puncak sebaiknya pada 31 Desember sekitar pukul 13.00 sudah berada di tempat tujuan, baik itu hotel, vila, maupun tempat peristirahatan lainnya.

"Kami memprediksi, pada tanggal tersebut volume kendaraan di kawasan Puncak semakin meningkat. Kami sangat berharap warga masyarakat sudah tiba di lokasi pada pukul 13.00 karena pada pukul 14.00 kami akan mulai memberlakukan sistem buka-tutup," ujarnya.

Mengenai agenda Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ber-Tahun Baru di Istana Cipanas, Alfian mengatakan bahwa pihaknya belum mendapat informasi akurat mengenai hal tersebut. "Namun, kami sudah membuat rencana pengaturan lalu lintas jika beliau jadi ke Istana Cipanas. Kami akan menggunakan dua jalur khusus untuk kendaraan dari Bogor ke Puncak. Satu jalur untuk masyarakat umum dan jalur paling kanan untuk rombongan Presiden. Jadi, tidak ada penutupan total," katanya. (AKN/CHI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com