Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciptakan Suasana Ruang dengan Karpet

Kompas.com - 30/12/2008, 07:55 WIB

BANYAK orang meletakkan karpet sebagai pemanis lantai. Selain itu, karpet juga dipakai demi alasan kenyamanan. Karpet yang berukuran lebar dan bertekstur empuk, sering ditempatkan pada ruang duduk sebagai alas duduk.

Sebagai elemen  interior rumah, karpet biasanya dipasang di ruang tamu atau ruang keluarga. Beberapa jenis karpet juga dipasang pada area area privat dan semipublik. Misalnya dipasang di kamar atau ruang kerja.

Tidak terbatas pada faktor kenyamanan, karpet dapat  mendukung terciptanya sebuah konsep suasana ruangan. Ingin tampilan yang lebih alami atau tradisional? Anda bisa memilih karpet dengan warna-warna alam. Seperti cokelat, kuning, atau oranye. Untuk motif, Anda bisa memilih pola-pola konservatif. Seperti garis atau kotak. Motif bunga bisa dipilih untuk membangun kesan romantis.

Fungsi karpet sebagai pembangun suasana tentu tak bisa maksimal jika tidak didukung oleh elemen ruang lainnya.  Setiap elemen, mulai dari furnitur, aksesori, warna cat tembok, dan karpet haruslah saling mendukung. Pemilihan desain dan warna setiap elemen itu harus serasi.

Contoh, jika ingin membangun sebuah  ruang yang bergaya modern kontemporer, maka gunakan elemen-elemen ruang yang mendukung tema itu. Gunakan karpet bermotif modern. Pilihan warnanya dapat disesuaikan dengan warna sofa atau warna ruang. Namun, jika karpet ingin digunakan sebagai ornamen, pilih karpet yang berwarna dan bagus kontrasnya sehingga akan menimbulkan kesan atraktif dan menarik.


Anissa/*

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com