Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekitar 250 Rumah dan Ratusan Hektar Sawah Terendam

Kompas.com - 13/01/2009, 20:20 WIB

DEMAK, SELASA — Setidaknya 250 rumah dan ratusan hektar sawah di Kecamatan Karangawen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Selasa (13/1), terendam banjir akibat tanggul Sungai Cabean jebol. Untuk sementara, warga mengungsi ke masjid.

Hujan deras sejak Senin (12/1) siang membuat tanggul Sungai Cabean jebol di dua titik selebar masing-masing sekitar 25 meter. Akibatnya, limpasan air Sungai Cabean menggenangi Desa Sidorejo, Rejosari, dan Brambang, Kecamatan Karangawen. Selain rumah dan sawah, banjir juga menggenangi sekitar 5 sekolah dan tempat ibadah.

Di antara 3 desa tersebut, kondisi terparah terdapat di Dusun Wangun, Desa Rejosari. Kepala Dusun Wangun Sulaiman mengungkapkan, setidaknya 91 rumah dan 150 hektar sawah di dusunnya terendam banjir.

Menurut Mahmud Mudiono (42), warga Dusun Wangun, banjir mulai terjadi sejak Senin sekitar pukul 20.00. Namun, jebolnya tanggul Sungai Cabean sekitar pukul 24.00 tersebut membuat luapan air semakin tinggi hingga 1,5 meter. "Air mulai surut setelah pukul 03.00," katanya.

Koordinator tim search and rescue (SAR) Karangawen Raswan mengatakan, 47 anggota tim SAR telah diterjunkan ke lokasi banjir. "Mereka akan berada di lokasi hingga air surut," ucapnya.

Camat Karangawen Edy Rahardjo mengaku telah menginstruksikan kepada petugas lapangan untuk segera mengevakuasi warga ke tempat yang lebih aman begitu banjir terjadi. "Di tiga desa ini warga sudah dievakuasi ke 4 titik pengungsian yang telah diberi dapur umum," ujarnya.

Sejauh ini, lanjut Edy, pihaknya telah mendistribusikan bantuan logistik seperti beras, mi instan, dan telur ke 4 tempat pengungsian tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com