Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tambah Fasilitas, Ancol Anggarkan Rp 300 Miliar

Kompas.com - 20/01/2009, 11:28 WIB

JAKARTA, SELASA — Bisa dibilang pertumbuhan industri hiburan di Indonesia sangat pesat. Hampir setiap bulan ada pergelaran hiburan, baik skala kecil maupun besar, di berbagai tempat. Sepertinya, kebutuhan terhadap hiburan di kota besar sudah menjadi kebutuhan primer.

Hal ini yang ditangkap sebagai peluang besar oleh PT Jaya Ancol selaku pengembang Taman Impian Jaya Ancol. Untuk meningkatkan fasilitas hiburan yang dimilikinya, Ancol menggelontorkan dana Rp 300 miliar. Dana itu akan digunakan untuk membuat kawasan ekonomi kreatif di Jakarta Utara pada 2009.

Dengan dana itu pula, Ancol berupaya menggairahkan kembali kawasan hiburan yang dimiliki, termasuk membangun beberapa kawasan baru. "Kami akan menggabungkan konsep wisata kuliner dalam kemasan acara musik, bazar hingga pertunjukan seni," kata Direktur Utama Jaya Ancol Budi Karya Sumadi, Selasa 20/1 di Jakarta.

Ada tiga tempat yang bakal dihidupkan kembali di Ancol dengan model baru. Pertama, Dunia Fantasi (Dufan). Kedua adalah pengembangan pasar seni. Ketiga adalah membuat program pasar minggu di Ancol. Khusus untuk program yang ketiga, tujuannya tak lain untuk menghidupkan kawasan Ancol di pagi hari yang selama ini sepi kunjungan.

Selain ketiga program di atas, mereka juga bakal mengembangkan dua kawasan baru untuk hiburan. Yaitu membangun pasar apung di Ancol Timur dan membangun stadion musik berkapasitas 5.000 orang. Dengan adanya program itu, Budi menargetkan tingkat kunjungan ke Ancol bisa meningkat sekitar 20 persen. Apalagi ketiga program menggairahkan kawasan Ancol bakal berjalan di kuartal kedua 2009. "Dari target itu kami menargetkan laba bersih 2009 sekitar Rp 149 miliar. Tentu saja ini meningkat 15 persen bila dibandingkan dengan 2008 yang cuma sekitar Rp 130 miliar," ujarnya. (Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com