Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Penyebaran H5N1, Pakai Saja Air Bekas Cucian!

Kompas.com - 30/01/2009, 17:47 WIB

LAMONGAN, JUMAT — Dugaan kasus flu burung ditemukan di 29 desa di 11 kecamatan Kabupaten Lamongan. Sejak Desember hingga kini, sedikitnya tercatat 5.000 ayam mati. Berdasarkan data Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lamongan dugaan flu burung ditemukan di sembilan kecamatan, yakni Kecamatan Maduran, Sekaran, Solokuro, Karanggeneng, Sukodadi, Turi, Sugio, Kalitengah, dan Pucuk. Kini kasus ini ditemukan di Kecamatan Karangbinangun dan Deket.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lamongan Soeprayitno, Jumat (30/1), mengatakan, ayam yang mati tidak semuanya terinfeksi flu burung. Untuk mengetahui ayam mati akibat virus avian influenza atau bukan perlu uji laboratorium. Di Lamongan hanya puluhan ayam yang positif terserang virus H5N1 atau avian influenza, sebagian contoh ayam masih diuji di laboratorium peternakan di Tuban.

"Masyarakat jangan takut, memang ada ayam mati yang diduga terkena flu burung. Tetapi tidak otomatis setiap ayam yang mati terserang virus flu burung. Setiap musim hujan biasanya memang ayam mudah mati, bisa karena virus, tidak tahan kondisi cuaca buruk, atau terkena tetelo," katanya.

Menurut dia, ayam yang mati kebanyakan yang masih kecil-kecil bahkan ada yang baru berumur 5 hari. "Kami berupaya sosialisasikan kepada masyarakat lewat unit pelaksana teknis di setiap kecamatan agar ayam yang mati tidak dibuang di sembarang tempat, apalagi ke sungai," katanya.

Dia menambahkan, masyarakat juga tidak perlu khawatir sebab stok persediaan vaksinasi dan disinfektan untuk mencegah penyebaran flu burung tahun ini masih cukup. Untuk mengantisipasi penyebarannya, disemprotkan disinfektan ke kandang-kandang ayam yang terdeteksi positif.

Ayam-ayam yang positif terkena virus flu burung juga dimusnahkan dengan cara dibakar dan dimusnahkan (depopulasi). Sekretaris Camat Kalitengah Anton Sujarwo mengatakan, dua pekan lalu ada 164 ayam yang positif terinfeksi virus flu burung di Desa Pengangsalan dimusnahkan. Ayam itu telah dibakar lalu dikubur untuk mencegah penyebaran virus flu burung. "Sepekan terakhir ditemukan lagi ayam mati mendadak di Desa Kalitengah. Namun, sampelnya masih diuji laboratorium," kata Anton.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pudji Hermawan menyatakan, kasus dugaan flu burung di Lamongan mencuat lagi sejak 17 Desember 2008. Saat itu puluhan ayam milik Siti, warga Desa Siwuran, Kecamatan Maduran, mati mendadak.

Pudji menyatakan, ayam yang terkena flu burung tersebut umumnya jenis ayam kampung. Sejak akhir 2008 lalu hingga kini, kasus dugaan atau suspek flu burung ditemukan di 29 desa 11 Kecamatan. Kasus itu ditemukan di Desa Siwuran, Parengan, Klagen Srampat, Jangkung Sumo, dan Mblubang, Kecamatan Maduran; Kabalankulon dan Batutengger (Sekaran); Sonoadi, Jagran, Guci, Kalinggreman, Kendal Kemlagi, Karangrejo, dan Rijekngablak (Karanggeneng).

Kasus serupa ditemukan di Desa Pengangsalan dan Kalitengah (Kalitengah); Sumber Agung dan Gedhangan (Sukodadi); Takerharjo (Solokuro), Karangwedoro, Sukoanyar, dan Mbalun (Turi) dan Ngombek (Pucuk) dan tiga desa di Kecamatan Sugio. Kasus terbaru ditemukan di Desa Putat Banjar (Karangbinangun) dan Sugihwaras (Deket).

Dia menegaskan, sampai hari ini penularan flu burung belum ditemukan menyerang manusia. Awalnya pada 19 Januari lalu Imrotul Muhibah (21), warga Glagah, Lamongan, sakit suspek (diduga) terkena flu burung dan dirawat di Rumah Sakit Umum Ibnu Sina Gresik. Korban akhirnya meninggal. Namun, hasil uji laboratorium menunjukkan pasien itu negatif flu burung.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com