Ryan "Menyimpang" karena Ibunya Selingkuh

Kompas.com - 11/02/2009, 09:37 WIB
Editor

TERSANGKA kasus kriminal terpopuler, Very Idham Henyansyah alias Ryan, mengaku titik balik hidupnya terjadi ketika ia menyaksikan sang ibu berselingkuh. Nukilan buku otobiografi Ryan, The Untold Story of Ryan, akan disajikan oleh wartawan Warta Kota, Dodi Hasanudin, mulai hari ini.

Seperti diberitakan, Ryan kerap mengeluarkan pernyataan-pernyataan yang "kontroversial". Dia pernah mengaku berpacaran dengan seorang artis terkenal. Bahkan, dia dicap pembual dan pembohong oleh beberapa orang yang kesal dengan pernyataan-pernyataannya itu.

Titik balik Ryan terjadi ketika dia duduk di kelas I SD. Suatu hari, Ryan dilarang berangkat ke sekolah oleh sang ibu karena akan diajak ke tempat hajatan di luar desa. Di arena hajatan dengan hiburan pentas dangdut tersebut, Ryan menonton ibunya bercengkerama dengan para lelaki dewasa.

Ketika Ryan mengantuk, salah satu pria mengajak Ryan dan ibunya ke kamar. Ryan pun segera tidur. Ketika terjaga, Ryan menyaksikan ibunya sedang bercinta dengan laki-laki tersebut.

Ryan tidak bisa menerima kejadian tersebut. Sementara sang ibu memaksanya tutup mulut. Ryan pun menjadi anak yang pemurung dan lebih banyak berdiam diri. Meski begitu, semangat belajarnya tak padam karena dia ingin menjadi dokter. Alhasil, arek Desa Jatiwates, Tembalang, Jombang, Jawa Timur, ini selalu juara kelas.

Pengalaman traumatik lainnya terjadi sekitar setahun kemudian. Saat itu, keluarganya baru saja menggelar pernikahan Neny Kustiany, kakak tiri Ryan, yang berusia 14 tahun.

Suatu hari, Ryan pulang sekolah dan kegerahan sehingga ingin segera mandi. Alangkah kagetnya Ryan ketika membuka pintu kamar mandi melihat sang ibu dan menantunya mandi bersama. Malah, sang ibu mengajak Ryan mandi bareng.
"Ya Allah... Setan apakah yang membutakan mereka? Iblis mana yang merasuki mereka? Badanku terasa sangat dingin. Tidak sepatah kata pun bisa keluar dari mulutku. Aku hanya bisa tertunduk diam," tulis Ryan dalam bukunya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari hari ke hari kelakuan ibunda Ryan makin menjadi-jadi. Ryan merasa tumbuh di lingkungan yang sangat tidak sehat dan tidak mendidik. Semua itu membentuk karakter Ryan menjadi sosok yang pendiam.

Ryan lulus SD sebagai yang terbaik dan diterima di SMPN 1 Tembalang. Di SMP, Ryan diejek sebagai banci. Meski begitu, dia tetap bersemangat ke sekolah yang jaraknya sekitar 21 km dari rumah dengan bersepeda.

***

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.