Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pejabat Polisi Malu Aparatnya Langgar "Car Free Day"

Kompas.com - 19/02/2009, 17:51 WIB

JAKARTA, KAMIS — Pelaksanaan car free day atau hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) yang digelar secara rutin di Jakarta tidak sepenuhnya dipatuhi. Bahkan, pelanggaran tidak hanya dilakukan warga, tetapi juga dilakukan oleh oknum aparat keamanan.

Kepala Bidang Penegakan Hukum Pengendalian Lingkungan DKI Jakarta Ridwan Panjaitan mengakui masih ada pelanggaran dalam pelaksanaan HBKB selama ini. Hal tersebut dikatakannya dalam jumpa pers di Kantor Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Provinsi DKI Jakarta, Kamis (19/2).

Misalnya tampak dalam video yang ditampilkan Ahmad Syafrudin, Koordinator Komite Penghapusan Bensin Bertimbal, pada HBKB yang terakhir 25 Januari 2009. Di video tersebut tampak mobil sedan dan truk Polri serta TNI melewati wilayah Bundaran HI dengan santai di antara warga yang sedang naik sepeda, jalan kaki, berlari, atau duduk-duduk.

"Saya malu. Ini akan jadi evaluasi bagi kami," kata Komisaris Polisi Suzana, Kasi Langgar Lalu Lintas Polda Metro Jaya, yang juga melihat video tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com