Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petugas Bandara Hang Nadim Evakuasi Pesawat Lion Air

Kompas.com - 23/02/2009, 23:42 WIB

BATAM, SENIN - Pesawat Lion Air JT972 yang mendarat darurat di Bandara Hang Nadim Batam akhirnya dievakuasi oleh tim bandara pada Senin (23/2) malam. Untuk memindahkan pesawat, pihak bandara mendatangkan alat berat.

"Kita pindahkan malam ini sehingga penerbangan besok bisa dilakukan," kata Kepala Bandara Hang Nadim Batam Razali Abubakar. Ia menyatakan evakuasi harus dilakukan secepatnya, karena badan pesawat menutupi landasan pacu sehingga tidak dapat digunakan.

Lion Air mendarat di 1.390 meter dari ujung run way (landasan pacu) 04 dan 2.036 meter dari run way 22, sehingga landasan pacu tidak bisa digunakan untuk pendaratan dan penerbangan pesawat lain.

Menurut Kepala Bandara, tidak sulit memindahkan pesawat yang mendarat tanpa roda depan itu. "Tinggal dikeluarkan saja rodanya, lalu ditarik," katanya menegaskan.

Menurut dia, karena tidak sulit, maka evakuasi pesawat tidak perlu dilakukan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Ia optimistis bahwa pesawat dipindahkan sebelum Selasa (24/2) pagi sehingga penerbangan bisa berjalan normal kembali.

"Pak Gubernur telepon dan meminta besok bandara kembali normal," katanya.

Akibat badan Lion Air menghalangi jalan pesawat, penerbangan Garuda tujuan Jakarta yang seharusnya terbang Senin sore ditunda. Demikian pula pesawat Merpati Bandung-Batam yang seharusnya tiba Senin malam.

Lion Air rute Medan-Batam dengan tujuan akhir Surabaya itu terpaksa mendarat darurat di Bandara Hang Nadim Batam akibat roda depan tidak keluar saat hendak menyentuh landasan. Pesawat berpenumpang 162 dewasa dan anak itu sempat berputar di udara sedikitnya delapan kali untuk menghabiskan bahan bakar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com