Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Tempat Praktik Aborsi Digerebek

Kompas.com - 26/02/2009, 12:56 WIB

JAKARTA, KAMIS — Sebuah tempat praktik aborsi digerebek polisi pagi tadi. Setelah melakukan penyamaran, polisi menangkap seorang dokter dan tiga pasien beserta pemilik klinik.

"Kami sudah melakukan pengintaian sebelumnya atas laporan masyarakat. Lalu, tadi pagi saya melakukan undercover karena sulit sekali melakukan tindakan karena selalu bocor," ujar Kapolsek Johar Baru Kompol Theresia kepada wartawan di kantornya, Jakarta, Kamis (26/2).

Menurut dia, praktik aborsi ini beroperasi pukul 05.00-09.00. Selebihnya, rumah kontrakan di Jalan Percetakan Negara II itu hanya klinik umum.

Theresia mengatakan, pemilik klinik memungut Rp 1,5 juta-Rp 2 juta untuk biaya aborsi. Biaya itu, lanjutnya, tergantung usia kandungan pasien. Saat ini pihak kepolisian telah mengamankan 10 orang. "Satu orang calo, satu keamanan, Atun (pemilik klinik sekaligus asisten dokter), Agung (dokter), tiga orang pasien, dua petugas perempuan, dan satu penggembok pintu," katanya.

Dia menjelaskan, untuk menutupi kedoknya, klinik itu selalu menggembok pintu saat menerima pasien. "Jadi orang-orang mengira di situ tidak ada apa-apa," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com